Nov 6, 2010

All About Insomnia

Insomnia, sepertinya para mahasiswa yang aktif sudah tidak asing lagi dengan kata itu. Ya, Insomnia bisa dibilang semacam penyakit susah tidur malam. Sembari menunggu download-anku komplit (Biasanya nonton MTV Insomnia, tapi kabarnya udah di tegur KPI ya? hehe) aku sempat googling all about insomnia. dan ini dia hasilnya :

Sebelum kita cari tau dulu Apa itu Insomnia ?
Menurut Wikipedia Indonesia Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. (
Hmm begitu rupanya...)

Lalu penyebabnya?
Biasanya tidak ada satu penyebab khusus yang dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia, tetapi ada beberapa faktor yang dapat memberikan kontribusi, seperti :Masalah kesehatan psikologi, seperti stress atau kecemasan
  • Masalah kesehatan fisik seperti asma atau rasa nyeri
  • Pengaruh dari obat-obatan tertentu seperti obat asma, vertigo ataupun depresi
  • Jet lag
  • Faktor lingkungan, seperti keributan, tempat tidur yang tak nyaman, kondisi yang terlalu panas atau dingin
  • Masalah kebiasaan atau gaya hidup, seperti begadang saat malam, minuman beralkohol atapun penggunaan stimulant seperti nikotin
Sekarang penyebabnya sudah jelas nih. ayo kita sesuaikan dengan yang kita alami. bener gak kita mengalami salah satu penyebab itu atau mungkin ada hal lain? silahkan tambahkan nanti di comment. Sekarang kita lihat..

Menurut wikipedia nih...
Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia. Orang tua yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena perubahan tersebut adalah normal. Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik. Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi. Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu.

Ini Dia beberapa tips yang dapat membantu mata Anda terpejam:
  • Minum susu sebelum tidur.
    Ingat apa yang diberikan oleh ibu ketika bayinya meraung-raung di tengah malam buta? Yups, susu. Minum susu hangat memiliki efek menenangkan yang dapat membantu Anda terlelap. Pastinya, Anda harus menghindari minuman berkafein seperti kopi menjelang jam-jam tidur.
  • Hindari aktivitas yang melibatkan layar komputer/ TV/ radio sebelum tidur.
    Cahaya terang dari peralatan elektronik di rumah Anda dapat merangsang keaktifan mata. Suara keras dari pemutar musik juga dapat menganggu tidur Anda. Matikan semua peralatan elektronik satu jam sebelum jam tidur.
  • Lakukan kegiatan yang bersifat repetitif.
    Melakukan kegiatan yang bersifat repetitif seperti merajut, membuat tusuk silang atau membaca dapat memberi efek rileks pada pikiran. Kegiatan inilah yang akan membantu Anda tidur. Jika Anda bukan penggemar kerajinan tangan atau buku, minimal kegiatan ini bisa membuat Anda bosan dan mengantuk.
  • Redupkan/ matikan cahaya di kamar tidur
    Saat tidur di ruangan gelap, tubuh Anda menghasilkan sebuah zat hormon bernama melatonin. Zat ini dapat menyeimbangkan pola tidur yang terganggu. Selain itu, melatonin juga dikenal mampu menangkal kanker, loh!
  • Lakukan olahraga secara teratur.
    Latihan fisik yang teratur seperti jogging dan senam terbukti membantu orang untuk lebih mudah tidur di malam hari, dan lebih lelap pula.
  • Hindari melakukan pekerjaan/ kegiatan lain di atas ranjang Anda.
    Pastikan ranjang Anda adalah tempat Anda tidur. Jangan bekerja, makan, atau melakukan aktivitas lain di atasnya. Dengan demikian, secara otomatis tubuh Anda akan mengasosiasikan ranjang Anda dengan tidur lelap.
  • Relaksasi
    Lakukan kegiatan yang bisa membuat seluruh indra Anda rileks; pijat refleksi, aroma terapi, musik klasik, dll. Biasanya kegiatan ini bersifat cocok-cocokkan alias beda untuk tiap orang. Mungkin ada yang lebih cocok dengan lulur creambath, ada yang lebih ampuh memakai musik Mozart. Cari tahu mana yang bekerja paling baik untuk membuat Anda rileks.
  • Atasi masalah psikologis.
    Menurut para pakar di Amerika, ¾ insomnia disebabkan oleh masalah psikologis. Umumnya orang yang sedang atau baru mengalami peristiwa traumatis sangat rentan akan insomnia. Jangan ragu untuk melakukan konseling dengan psikolog atau rohaniwan jika Anda tergolong dalam yang ¾ ini.


Tambahan lagi...
Lakukanlah pola hidup seimbang dalam hal makan aktifitas kerja, aktifitas olah raga dan lainnya.Selesaikan segera masalah yang ada sehingga tidak bertumpuk- tumpuk dalam diri.Berpikirlah secara rasional dalam menyikapi persoalan yanga ada.

Ada juga nih makanan-makanan yang bisa dimakan untuk mengurangi dan mengobati insomnia..

Kentang
Kentang terbukti sebagai makanan dengan nilai GI rendah (Low Glycemic Index). GI adalah indikator kecepatan proses perubahan dari karbohidrat yang diubah menjadi gula di dalam tubuh. Kentang tak membuat gula darah Anda naik bila dikonsumsi secara bijak. Malahan dengan menyantap kentang, Anda bisa cepat terlelap tanpa harus mengonsumi makanan dengan nilai GI yang tinggi.

Pisang
Pisang kaya akan potasium. Potasium merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat tubuh sedang mengalami stres, tingkat metabolisme menjadi naik, sehingga terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan melahap pisang. Tak hanya itu saja, buah yang satu ini dapat mendatangkan rasa kantuk secara alami. Pasalnya, pisang mengandung hormon melatonin dan tryptophan, yang membuat Anda tidur nyenyak. Hormon melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap. Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekira pukul 02.00-04.00 WIB dan paling rendah di sore hari. Hormon ini mengatur mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur.


Susu
Semasa kecil, para ibu membuatkan segelas susu sebagai pengantar tidur buah hati mereka. Susu tak hanya kaya akan tryptophan. Kandungan di dalam susu dapat membantu memberikan rasa tenang dan membuat tubuh merasa lebih relaks. Meneguk segelas susu hangat di malam hari bisa membuat Anda cepat tertidur. Tak percaya? Coba saja!


Oatmeal
Oatmeal tak hanya menghangatkan perut dan kaya serat, namun bisa membuat Anda kenyang dan mengantuk seketika. Semangkuk hangat oatmeal dapat menjadi sumber melatonin. Sehingga rasa kantuk pun akan segera menyerang Anda. Bila ingin lebih cepat mengantuk, sebelum tidur Anda bisa menyantap oatmeal dicampur dengan susu hangat sebagai pelengkap.


Hmm... sepertinya solusi terakhir yang menyenangkan..makan..makan..dan makan... well. Insomnia memang gak ada salahnya tapi... sangat..sangat di sarankan agar tidak perlu atau jangan sampai terjadi. atau paling tidak jangan setiap malamlah. Ingat katanya Bang Rho,ma kan "begadang jangan begadang..kalau tiada artinya..begadang boleh saja..asal ada perlunya..." hahaha jadi dangdutan. Oke deh.. Demikian hasil googling dini hari ini tentang insomnia. semoga bermanfaat buat kawan-kawan dan aku juga :-) Oke, jangan lupa terus berusaha untuk hidup sehat karena hidup ini terlalu berharga untuk di sia-siakan..

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community