Nov 21, 2010

Kendalikan Emosimu, Kawan!

Sudah gak ada kata yang tepat deh untuk setiap nikmat selain Alhadulillah... Pasalnya selain masalah-masalah yang cukup membuat kepala puyeng Allah juga menyelipkan beberapa kebahagiaan buat hidupku minggu-minggu ini. Seharusnya aku mengisi blog sejak beberapa hari lalu, saat banyak banget moment yang "gak Banget" dalam hidupku!

Moment yang bikin emosi seperti sengaja di letup-letupkan. Untungnya aku termasuk orang yang tak mudah ketipu oleh emosi. hehe meski super duper gedek alhamdulillah bisa terkendali. Nah kadang-kadang kebiasaanlu nahan emosi ini bikin makan ati juga lho. Kadang-kadang aku mikir, kayaknya aku harus marah meledak-ledak deh sekali-sekali soalnya kalo di tahan-tahan terus emosinya bisa-bisa: 1. aku bakal di anggap gak bisa marah yang akibatnya mereka seenaknya bertbuat nista (halahhh bahasanya). 2. Mereka bakal mencap aku gak bisa marah hahahaha ngulang lagi deh.. tapi hati kecilku selalu berucap (ehemm) marah tak akan menyelesaikan masalah dan otak cerdasku berkata "ingat... bagi orang-orang yang bisa menahan marah adalah bidadari-bidadari syurga..." tuuh... emang sih nahan marah itu sangat-sangat sulit, mulai dari menahan kata-kata amarah, tindakan fisik dan sebagainya itu sulit banget. Tapi jika mau pasti bisa kok. Nah aku share ya gimana cara aku nahan emosi kalo lagi marah atau abis dibuat kesel.

Pertama, Saat marah tetap gunakan akal sehat kita. Ingat bahwa sebagaimanapun marahnya kita apa yang kita marahkan itu (??) gak akan kembali lagi kan? Misalnya Baju kesayanganmu keciprat tinta sama temenmu, otomatis kalo kamu punya tanduk bakalan keluar tuh saking marahnya. Tapi ada banyaaaak hal positif yang bisa kamu ingat untuk meredam marahmu tuh. marah bukan gak boleh ya tapi harus ada Rem-nya.

Kedua, Saat marahmu memuncak tapi kamu gak bisa menyalurkan ke si pembuat marah karena alasan yang banyak misalnya dia keburu kabur atau karena budi luhurmu untuk tak mau marah atau apalah.. ada hal positif yang bisa kamu lakukan. Menulis! yah.. tulis semua kekesalanmu, coret abis tuh buku, mau caci maki silahkan..abis tuh remess sepuasnya dengan amarahmu dan lemparkan kertas itu ke perapian! Busshh! Lalu tarik nafas dalam-dalam..hembuskan lewat mulut..mantabs kan??

Ketiga, Menulis juga.tapi yang ini lebih positif lagi. Kamu bisa nulis di buku harian atau blog, kamu bisa bisa cerita kenapa dan bagaimana lalu apa, dimana, siapa..de el el dah. Di NOte FB juga boleh tuh. nanti Tuhan akan mengirim orang-orang baik yang akan comment curhatan kamu dan memberikan solusi terbaik untuk setiap yang kamu kesalkan.. Nah selain dapat cooling down kamu juga dapat banyak teman...

Jadi intinya, bukan gak boleh marah tapi selalu-lah pertimbangkan baik buruknya, dan objek marahnya tepat apa gak.. maksudnya level kesalahannya itu berat atau enggak.. nanti bisa di sesuai deh marahnya hahaha..

Well sosrry guys, sebernya bukan mau nulis tentang ini. tapi otakku mikirnya kesini ya. Ya di maklumi saja lah. Semoga bisa menambah refrensi kamu untuk mengendalikan marah. Dan tetap orang yang mulia itu orang mengendalikan emosi bukan orang yang dikendalikan oleh emosi. setuju gak??
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Blog keren dan informatif semoga kedepannya tambah sukses amin. salam kenal dari bloger lombok utara.

    Mari mengenal keunikan dan keindahan budaya lombok di http://7og4nk.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Thanks kawan..
    salam kenal dari blogger Sumbawa juga.

    ReplyDelete

Berkicau

Community