Feb 23, 2011

Penyemangat Dari Negeri 5 Menara

Seharusnya Trilogi Negeri 5 Menara ini ada sejak aku masih kecil atau SD, lalu dibaca oleh orang tuaku atau aku lah. Agar sekarang paling tidak aku LEBIH meletup-letup lagi dalam mengejar mimpi! Malu rasanya saat membaca petualangan Alif mengejar cita-citanya, malu karena merasa aku belum berusaha keras untuk meraih apa yang aku harapkan.
Untuk teman-teman yang belum sempat baca, berikut ini kumpulan kata-kata motivasi atau kata mutiara dalam buku Pertama Trilogi N5M tersebut. Untuk buku yang kedua aku harus baca berkali-kali dulu biar lebih mencerahkan. Semoga setelah ini aku dan kita semua lebih "nyata" untuk merealisasikan apa yang kita cita-citakan. Mimpi adalah tanda bahwa manusia itu "benar-benar hidup",
Semoga bermanfaat, sekedar suplemen untuk menjalani hari-hari yang tampaknya akan semakin menantang :)
--------------------------------------------------------------------
Man jadda wa jadda, siapa yang bersungguh-sungguh akan menuai sukses.
Man shabara zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung. Jangan risaukan penderitaan hari ini, jalani saja dan lihatlah apa yang akan terjadi di depan. Karena yang kita tuju bukan sekarang, tapi ada yang lebih besar dan prinsipil, yaitu manusia yang telah menemukan misinya dalam hidup.
Misi yang dimaksud adalah ketika kalian melakukan sesuatu hal positif dengan kualitas sangat tinggi dan di saat yang sama menikmati prosesnya. Bila kalian merasakan sangat baik melakukan suatu hal dengan usaha yangminimum, mungkin itu adalah misi hidup yang diberikan Tuhan. Carilah misi kalian masing-masing.
Ada dua hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses. Pertama, going the extra miles. Tidak menyerah dengan rata-rata. Kalau orang belajar 1 jam, dia akan belajar 5 jam, kalau orang berlari 2 kilo, dia akan berlari 3 kilo. Kalau orang menyerah di detik ke 10, dia tidak akan menyerah sampai detik 20. Selalu berusaha meninkatkan diri lebih dari orang biasa. Karena itu mari budayakan going the extra miles, lebihkan usaha, waktu, upaya, tekad, dan sebagainya dari orang lain. Maka kalian akan sukses.
Resep lainnya adalah tidak pernah mengizinkan diri kalian dipengaruhi oleh unsur di luar diri kalian. Oleh siapapun, apapun, dan suasana bagaimanapun. Artinya jangan mau sedih, marah, kecewa, dan takut karena ada faktor luar. Kalianlah yang berkuasa pada diri kalian sendiri, jangan serahkan kekuasaan pada orang lain. Orang boleh menodong senapan, tapi kalian punya pilihan, untuk takut atau tetap tegar. Kalian punya pilihan di lapisan diri kalian paling dalam, dan itu tidak ada hubungannya dengan pengaruh dari luar. Kalianlah master dan penguasa hati kalian. Dan hati yang selalu bisa dikuasai pemiliknya adalah hati orang yang sukses.
Ilmu bagaikan nur, sinar. Dan sinar tidak bisa datang dan ada di tempat yang gelap. Karena itu, bersihakn hati dan kepalamu, supaya sinar itu bsiadatang, menyentuh, dan menerangi kalbu kalian semua.
Kerahkan semua kemampuan belajar kalian! Berikan yang terbaik! Baru setelah segala usaha disempurnakan berdoalah dan bertawakal lah. Tugas kita hanya sampai usaha dan doa, serahkan kepada Tuhan selebihnya, ikhlaskan keputusan kepadaNya sehingga kita tidak akan pernah stres dalam hidup ini. Stres hanya bagi orang yang belum berusaha dan tawakal.
Allahummaftah alaina hikmatan wansur alaina birahmatika ya arhamarrahimin. Tuhan kami, bukakan lah kepada kami hikmah dan bantulah kami dengan rahmatMu, wahai sang Maha Pengasih.
Inti hidup ini adalah kombinasi niat ikhlas, keja keras, doa dan tawakal. Ikhlaskan semuanya, sehingga tidak ada kepentingan apa-apa selain ibadah. Niatkan hanya demi memberi kebaikan kepada alam raya, seperti yang diamanatkan Tuhan. Kalua tidak ada kepentingan, kan seharusnya kita tidak tegang dan kaget...
Kalau ingin sukses dan berprestasi dalam bidang apapun, maka lakukanlah dengan prinsip “saajtahidu fauqa mustawa al-akhar“, berjuang dengan usaha di atas rata-rata yang dilakukan orang lain.
Hidup sekali, hiduplah yang berarti...
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community