Feb 14, 2011

Sedekah Orong, Expresi Syukur Masyarakat Sumbawa

Setelah sekian lama sejak aku masih SD dulu, kesampean juga ikutan acara Sedekah Orong ini. Sedekah Orong adalah acara yang rutin di adakan setiap tahun oleh masyarakat kampungku dan kampung-kampung lain di Pulau Sumbawa. Sedekah Orong adalah acara makan dan doa bersama untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWt atas lancarnya musim tanam Padi pada tahun itu. Biasanya acara sedekah orong ini di adakan di Sawah atau lapangan namun tahun ini tempat digelarnya acara ini di mesjid untuk mengantisipasi hujan yang akhir-akhir ini selalu tak terduga.

Pada acara ini masyarakat, siapa saja membawa berbagai macam makanan dan penganan ke lokasi acara, untuk nantinya di santap bersama. Tapi sebelum itu akan di awali dengan doa bersama yang di pimpin oleh Imam masjid. Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kami adalah tak lain saat makanan mulai di hidangkan. Hmm.. satu nampan besar untuk 2 ato 3 orang dan itu sangat-sangat nikmat. Biasanya isi nampan atau baku-nya berupa ayam bakar plus bumbu segala rupanya, ayam panggang, Buah-buahan, aneka jajanan dan lain sebagainya. Catatannya tiap orang tidak boleh menyantap makanan atau nampan yang disediakan oleh keluarganya atau dengan kata lain saling bertukar makanan. Tapi tenang.. tak ada makanan yang tidak enak selama acara ini karena setiap keluarga menyiapkan menu terbaiknya untuk di suguhkan. Nikmat bukan?






Momen-momen seperti ini sangat berharga buatku pribadi. karena saat itu aku merasakan betapa damainya hidup sebagai anak kampung. Terasa sekali kekeluargaan antar masyarakat. Dimana-mana senyum dan tawa. Saat acara selesai kaum laki-laki pulang membawa kantong plastik yang berisi makanan. sementara kaum wanita terlihat sangat puas karena masakan mereka laris manis di santap. Sebuah ketulusan terlihat dari wajah-wajah ibu-ibu dan remaja putri saat membawa pulang nampan mereka yang sudah kosong dan tak sabar sampai rumah untuk menyantap makanan yang dibawa pulang oleh kaum pria dirumah mereka.

Nah yang di bawah ini masakan Favoritku, masakan khas sumbawa yang rasanya pedes asem manis. Namanya Sepat. Ini buatanku sendiri,kawan. Sepat Udang!



Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community