Mar 23, 2011

Fakta-Fakta Seputar Air



Sebelumnya aku menyampaikan "Selamat Hari Air Sedunia". 22 Maret 2011. Entah dari mana awalnya dicetuskan Hari Air sedunia tapi kurasa itu perlu. Air adalah bagian terpenting dalam hidup dan kehidupan kita. Air adalah komponen terbesar yang menyusun tubuh kita. Saat ini air sangat di khawatirkan kebersihannya karena banyak faktor yang menyebabkan polusi air, air menjadi tak layak konsumsi. Namun Alhamdulillah di negara Kita Indonesia, Tak sulit mendapatkan air bersih, inilah yang harus kita Syukuri. 

Kita mungkin beranggapan bahwa air yang kita pakai ada terus-menerus dari sumbernya tidak akan habis. Ada fakta seputar air yang menarik mengenai air di bumi ini yaitu jumlah total air yang ada di bumi ini saat ini relatif sama dengan jumlah total air saat bumi tercipta. Jumlahnya memang sama tapi yang berubah adalah bentuknya. Jadi bisa disamakan air yang kita pakai untuk minum saat ini mungkin sama dengan air yang diminum nenek moyang kita.

Berapa sih jumlah total air yang bisa diminum di dunia ini ??
Menurut data, 70% permukaan bumi kita adalah air. Akan tetapi dari semua air itu 97 % adalah air asin dan sisanya 3% adalah air tawar. Prosentasi air tawar tadi masih dibagi dengan es, air tanah, air permukaan dan uap air. Selain itu, tidak semua air tawar layak untuk diminum. Itu juga belum termasuk air yang tercemar oleh manusia. Dan tidak semua daerah di dunia ini mendapatkan porsi air yang cukup.

Lalu berapa liter kebutuhan kita kepada air ??
fungsi air kepada manusia memang vital. Kita mulai dari bangun pagi hingga tidur lagi tidak terlepas dari kebutuhan akan air. Adapun kebutuhan akan air yaitu untuk minum, mandi, mencuci, wudhu bagi umat muslim, bercocok tanam, segala macam kebutuhan hidup dan pekerjaan pasti membutuhkan air. Silahkan dihitung sendiri jumlahnya. Itu yang dihitung baru kita sendiri. Berapa jumlah penduduk di dunia ini saat ini. Itu baru saat ini lalu bagaimana kebutuhan air untuk 20 tahun mendatang jika pertumbuhan penduduk di dunia ini selalu bertambah.

Okeh berhubung Hari Air  Sedunia kali ini aku akan memposting tentang beberapa Fakta seputar Air. Langsung saja cekidot!


1.Air sangat penting buat manusia,karena orang bisa selama sebulan tanpa makan tapi cuma mampu hidup seminggu tanpa air.

2.Menurut saran PBB,setiap orang membutuhkan minimal 50 liter air per hari.

3.Proses Pernafasan membutuhkan 1,7 Liter air setiap Harinya.

4.Dalam waktu 100 tahun, sebuah molekul air menghabiskan 98 tahun di laut, 20 bulan seperti es, sekitar 2 minggu di danau dan sungai, dan kurang dari seminggu di atmosfer.

5.Air adalah satu-satunya substansi yang ditemukan secara alami di bumi dalam 3 bentuk: cair, gas, padat.

6.Jumlah total air dalam tubuh orang dewasa rata-rata adalah 37 liter.
   1. Otak manusia adalah air 75%.
   2. Tulang manusia adalah 25% air.
   3. Darah manusia adalah air 83%.

7.75% dari ayam adalah air. 80% dari nanas adalah air. 95% dari tomat adalah air. 70% dari gajah adalah air.

8.2/3 dari air yang digunakan di rumah digunakan di kamar mandi.

9.Setiap hari, matahari menguapkan 1 triliun ton air. 1 pohon akan mengeluarkan 265 liter (70 galon) air per hari dalam penguapan. Satu acre jagung akan mengeluarkan 15.000 liter (4.000 galon) air per hari dalam penguapan.

10.Jumlah total air di bumi memiliki volume sekitar 344 juta kilometer kubik. 315 juta kilometer kubik air laut.
     1. 9 juta mil kubik air tanah dalam akuifer.
     2. Posisi 7 juta mil kubik beku dalam es di kutub.
     3. 53.000 kilometer kubik air melewati danau planet dan sungai.
     4. 4.000 kilometer kubik air kelembaban atmosfer.
     5. 3.400 kilometer kubik air terkunci di dalam tubuh makhluk hidup.

11.Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air. Keracunan air terjadi ketika air mencairkan tingkat natrium dalam aliran darah dan menyebabkan ketidakseimbangan air di otak. Keracunan Air kemungkinan besar terjadi selama periode kinerja atletik intens.

12.Katakan seseorang perlu hanya sekitar empat liter air minum per hari, lebih dari dua ribu liter air diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tiap orang. 85 galon air dibutuhkan untuk memproduksi satu pon telur, 150 galon untuk memproduksi sepotong roti, dan 1000 galon untuk memproduksi satu pon kentang. Tapi lebih dari setengah air yang digunakan untuk irigasi hilang karena penguapan. Yang cukup mengejutkan, sebotol air lebih menghabiskan biaya ketimbang susu, minyak atau bahkan gas.

13.Jumlah total air yang ada di Bumi saat ini relatif sama dengan saat Bumi ini tercipta.Yang berubah ada bentuk dari air tersebut dalam siklus air yang berlangsung terus menerus. Jadi air yang dipakai mandi oleh Pangeran Diponegoro bisa jadi sama dengan air yang sedang anda pakai untuk minum.

14.Meskipun air meliputi 70% dari permukaan bumi, kebanyakan darinya terlalu asin untuk diminum. Tiga per empat dari air tawar yang tersedia diperoleh dari gunung es kutub, dan dalam bentuk glasier (sungai es). Sisa air tawar tersedia dalam bentuk air tanah, sungai, danau dan arus ada lebih dari dua ratus lima puluh sungai di dunia.

15..Kualitas air di berbagai tempat di dunia telah menurun,khususnya daerah perkotaan. Di India, lebih dari empat juta hektar tanah pertanian telah hilang karena penyedotan air (water loging), atau peningkatan kadar garam. Banyak penyakit muncul dari air, dan penyakit disebabkan oleh kurangnya air bersih untuk mandi, menimpa jutaan orang tiap tahun. Mungkin fakta yang paling mengerikan adalah pada 20 tahun nanti, mungkin tidak akan tersedia air tawar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar setengah populasi dunia saat itu. Ini adalah alasan kenapa lebih dari 10.000 tanaman desalinasi telah ditanam, terutama di Timur Tengah. 
 Manfaat Air :

  1. Air baik bagi perkembangan mental. Delapan puluh persen jaringan otak terbuat dari air. Karena itu, air sangat penting untuk menjaga kandungan air bagi otak Anda. Uji klinis telah membuktikan bahwa dehidrasi mengurang kinerja otak, untuk menyimpan memori jangka pendek dan mengganggu konsentras
  2. Air dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis. Arthritis atau gangguan pada otot-otot atau jaringan-jaringan tubuh, kanker, dan penyakit jantung, adalah penyakit serius yang telah menyerang jutaan orang. Tidak perlu khawatir karena air dapat menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit tersebut. Air bekerja seperti pelumas pada persendian, pembersih bagi saluran pencernaan, dan pengontrol kadar garam dalam tubuh.
  3. Air dapat membantu Anda mengontrol berat badan. Tidak hanya dapat menekan nafsu makan, air juga baik bagi metabolisme tubuh anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi enam cangkir air secara teratur selama setahun dapat melunturkan 2,4 kilogram lemak.
  4. Air baik bagi kesehatan tubuh dan gigi. Kerusakan gigi berasal dari penumpukan asam yang menggerogoti enamel gigi, tetapi liur dapat menetralkan asam ini. Selama kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik, maka Anda akan memiliki air liur yang cukup untuk menetralkan tingkat keasaman dalam mulut Anda.

Sumber : Kaskus
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. banyak juga manfaatnya ya..bagus banget postingannya.klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    ReplyDelete
  2. @i-one: thanks bos... insyaallah ane berkunjung...

    ReplyDelete
  3. salam blogger ajie...blognya bagus...tetap nulis ya ! Hehe

    ReplyDelete
  4. thanks bang Yu....
    makasi udah mampir...
    template-nya bang yu itu keren..

    ReplyDelete

Berkicau

Community