Apr 1, 2011

TITANIC, Kisah Tragis Berbuah Sebelas Oscar

Masih ingat film TITANIC?? Atau bisa jadi ini adalah salah satu film favorit kawan. Ayo ketahui lebih banyak tentang film hebat ini.

Film berjudul ringkas, TITANIC, ini memang fenomenal. Selain performa box office-nya mengagumkan, film ini juga meraih sebelas piala Oscar dari empat belas nominasi yang diterimanya. Di masanya, film ini menjadi film dengan biaya produksi tertinggi, menghabiskan tak kurang dari US$200 juta selama proses pembuatannya.

Mungkin ini tak terlalu mengejutkan jika mengingat kualitas visual film ini. James Cameron, sang sutradara, menggunakan gabungan antara kapal dalam ukuran besar, miniatur kapal dan CGI (computer-generated imagery) untuk merekonstruksi peristiwa tenggelamnya kapal legendaris ini. Dan hasilnya memang tak mengecewakan karena adegan tenggelamnya kapal itu terlihat sangat nyata.

Gara-gara membiayai film ini, Paramount Pictures dan 20th Century Fox sempat hampir mengalami kebangkrutan. Peluncuran film ini pun sempat mengalami penundaan beberapa bulan dan memunculkan asumsi bahwa film ini akan mengalami kegagalan. Untungnya film ini berhasil mengeruk sekitar US$1,8 miliar dan menjadi film terlaris nomor enam di Amerika Utara.

Film ini berkisah tentang kisah kasih sepasang anak manusia yang berbeda status sosial. Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) yang memenangkan tiket gratis kemudian bertemu Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) yang berada di kapal bernasib malang itu bersama tunangannya. Dalam perjalanan singkat itu, rasa cinta mulai tumbuh di hati mereka berdua yang kemudian berakhir tragis dengan tenggelamnya kapal Titanic.

Di ajang perebutan piala Oscar yang digelar di Shrine Auditorium tanggal 23 Maret 1998, TITANIC berhasil mengumpulkan sebelas piala Oscar dari empat belas nominasi. Selain merebut gelar Film Terbaik tahun itu, film ini juga menghasilkan penghargaan Penyutradaraan Terbaik bagi James Cameron. Sayangnya film ini tak membuahkan piala Oscar buat kedua pemeran utamanya. Leonardo DiCaprio bahkan tak dinominasikan untuk kategori aktor terbaik tahun itu.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community