Apr 22, 2011

Cara Tidur Nyenyak dan Bebas Insomnia

Insomnia adalah sebuah keadaan/kondisi seseorang yang kesulitan untuk memulai tidur, ada beberapa kondisi insomnia yang disebabkan oleh gangguan fisik, tapi gangguan psikis yang paling memberi peran seseorang mengalami insomnia.

Ketika seseorang memikirkan sebuah masalah maka dia telah mengaktifkan Reticular activating systemnya sehingga membuat dia terjaga, akibat yang dimunculkan berefek ganda, dia terus memikirkan masalahnya dan dia kekurangan waktu untuk tidur dan beristirahat, tidur adalah fase disc cleanup, fase disc defragment dan fase chekdisk sebuah central processor unit. 

Nah, barusan ngetwitt dan dapat tips bagus dari BlogDokter yang mungkin bisa berguna buat kawan-kawan yang sering sulit tidur. Hanya butuh sedikit usaha kok. Check this!
1. Semakin stress anda memikirkan masalah tidur akan semakin sulit anda tidur dg nyenyak. Tidur itu kebiasaan dan bukan paksaan.

2. Tidur itu rutinitas. Berangkat tidur di mlm hari dn bangun di pagi hari haruslah pd waktu yg sama trmasuk saat libur.
3. Tidur akan lebih mudah dilakukan jika suhu tubuh relatif rendah. Anda bisa mandi sesaat akan tidur untuk menurunkan suhu tubuh. 

4. Tidurlah dalam suasana gelap. Kilatan cahaya sedikit saja dpt menganggu nyenyaknya tidur. Tidur di tmpt terang jd tdk sehat.  

5. Buatlah suasana kamar tidur sesenyap mungkin. Kebisingan akan membuat anda susah utk terlelap.

6. Suhu kamar tidur yg rendah membuat tubuh lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih mudah

7. Makan/minum terlalu banyak sblm tidur mmbuat anda gampang ke kamar kecil. Hilangkan kebiasaan itu agar tidur tdk terganggu. 

8. Alkohol dan nikotin bersifat stimulan yg jika dikonsumsi menjelang tidur akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak

10. Suka tidur dg binatang peliharaan? Jika binatang tidurnya gelisah tentu tidur anda jg tdk nyenyak. Lebih baik pisah ranjang.

Tidak susah kan? semalat mencoba, kawan...
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community