Oct 25, 2011

Mitos dan Fakta Seputar Jerawat

Pernah jerawatan?? Sama.. saya juga pernah dan pernah membuat muka keliatan parah oleh bekas-bekas jerawat. Sangat mengganggu deh. Sebenarnya banyak hal yg menyebabkan jerawat dan banyak hal yang oleh orang-orang disebut sebagai penyebabnya meski sebenarnya itu kebanyakan mitos belaka. Simak dsini yuk apa yg menjadi mitos dan apa fakta tentang jerawat.

1. Jerawat disebabkan oleh debu.

Faktanya : Jerawat muncul akibat pori-pori tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati.

2.Makan coklat dan gorengan bisa menimbulkan jerawat.

Faktanya : Sampai saat ini, tak ada penelitian yang bisa menemukan hubungan antara jerawat dengan makanan apa pun. Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, makanan tak akan mempengaruhi jerawat.

3.Jerawat bisa diatasi dengan cara sering-sering mencuci muka.

Faktanya : Cucilah wajah dengan sabun atau pembersih yang lembut, maksimal 3 kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit iritasi, dan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga jerawat malah makin meradang.

4.Pasta gigi membantu menyembuhkan jerawat.

Faktanya : Pasta gigi tak mengandung zat apa pun yang bisa mengobati jerawat. Carilah obat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid.

5.Memencet jerawat adalah cara tercepat mengusir jerawat.

Faktanya : Dengan dipencet dan dipaksa pecah, bakteri penyebab jerawat justru akan mudah tersebar ke bagian lain. Apalagi jika tangan yang digunakan untuk memencet jerawat tidak steril. Akibatnya, bukan hanya jerawat bertambah parah, tapi juga akan meninggalkan bekas luka di kulit wajah.

6.Sinar matahari membantu menyembuhkan jerawat.

Faktanya : Paparan sinar matahari bisa menyebabkan iritasi yang membuat jerawat makin parah.

7.Jerawat hanya muncul pada kulit remaja.

Faktanya : Pada usia remaja, hormon dalam tubuh banyak mengalami perubahan. Oleh karena itu jerawat lebih sering muncul pada remaja. Namun timbulnya jerawat bukan hanya dipengaruhi oleh hormon, tapi juga oleh kebersihan diri, pola makan, polusi, stres, dan faktor genetik, sehingga anak-anak maupun orang tua pun masih bisa berjerawat.

-----------------------------------------------------

Timbulnya jerawat di wajah sering kali menganggu penampilan serta menghilangkan kepercayaan diri. Namun tak jarang, produk perawatan yang ditawarkan di pasaran tak mampu menghentikan timbulnya jerawat. 
Daripada mengobati, lebih baik mencegah timbulnya jerawat tersebut dengan cara alami. Kuncinya ada di gaya hidup kita. Simak caranya dalam enam langkah yang dikutip dari Carefair.com berikut ini.


1. Perbanyak makan bawang putih

Bawang putih dapat menghancurkan bakteri merugikan di pori-pori kulit. Selain itu bawang putih juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, temasuk kulit. Sehingga timbulnya jerawat pun dapat dicegah.
2.Olahraga dan tidur cukup

Stres yang Anda alami setiap hari juga akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada timbulnya jerawat. Olahraga dan tidur yang cukup akan membantu tubuh menstabilkan kembali hormon-hormon Anda.

3.Bersihkan tubuh dari racun

Makanan yang kurang bersih dan polusi yang kita alami setiap hari dapat menjadi racun dan merangsang timbulnya jerawat di kulit. Cara membuang racun (detoksifikasi) yang alami adalah dengan meminum air putih yang cukup setiap hari. Racun-racun yang mengendap di dalam tubuh akan keluar bersama kotoran dan keringat, sehingga jerawat pun tak timbul.

4.Cuci muka dengan air hangat

Jerawat bisa timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun khusus wajah Anda bisa membersihkan kulit secara maksimal. Setelah bersih, basuh kembali wajah Anda dengan air biasa, agar pori-pori kembali menutup.

sumber : disini

Jangan lupa mampir disini ya klik atau dsini
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community