Mar 25, 2012

Workshop Dasar Photography dan Lomba Susur Pantai #MingguSeru

Akhirnya dua kegiatan hari ini selesai dengan lancar dan dapat banyak ilmu da pengaman baru. Bahagia sudah pasti. 

Jadi hari minggu ini (25/03), aku menjadi peserta workshop photography dasar yang diadakan oleh @InfoLombok bekerjasama dengan Lombok Photographer dan di dukung oleh beberapa sponsor. Selain itu saya juga menjadi panitia (Dihari yang sama) di Lomba Susur Pantai se-Pulau LOmbok dalam rangka peringtan Ulang Tahun Pramuka Universitas Mataram yang ke-27. Yah.. Unit kegiatan mahasiswa yang aku baggakan karena disana aku belajar banyak hal tentang hidup dan kehidupan. 

Karena dua kegiatan ini berlangsung di hari yang sama dan dua-duanya sangat ku minati maka dua-duanya harus jalan. Aku melihat jadwal dan alhamdulillah masih bisa diakali, Pelepasan peserta susur pantai di mulai jam 8 pagi sedangkan pembukaan Workshop di mulai jam 9 pagi, ada jedah 1 jam sebelum aku meluncur ke lokasi workshop. Tugasku di kepanitiaan memang tidak berat, hanya sebagai dokumentator acara jadi tidak begitu ribet. Paling penting aku harus mengabadikan moment-moment pembukaan oleh Bapak pembantu Kektor III dan Pembina serta moment pelepasan peserta yang membanjiri halaman dan jalanan depan  Gedung PKM universitas Mataram, kampusku. Tidak begitu sulit dan butuh 45 menit hingga acara pagi itu benar-benar kelar. Peserta sudah mulai berlomba-lomba menjadi yang pertama. AKupun bersiap menuju Lesehan Sekarbela untuk menghadiri whorkshop.
Sejak materi awal aku sudah sangat antusias. Pembicaranya adalah mas M.Shofian dari Lombok Photographer yang menjelaskan dengan runut dan asik. Sehingga kami menyimak dengan penuh semangat. Peserta diklat juga seru dan beragam, dari bapak-bapak yang datang bersama anaknya sampai anak kelas 3 Sekolah Dasar dengan lensa panjangnya.hebat!

Acara workshop terdiri dari bebrapa session, pertama pemaparan materi dasar photografi seperti Estetika, Pencahayaan, Komposisi dan lain-lain, sesion berikutnya adalah praktek. Ini yang seru.. Para peserta di bawa ke lokasi wisata di pinggiran kota mataram, tepatnya di Kawasan Wisata Loang Baloq yang merupakan bagian dari pantai Tanjung Karang - Ampenan. Siang yang terik bukan saat yang tepat sebenarnya untuk hunting foto, tapi untuk sebuah pembelajaran kami tak keberatan, malah sebaliknya semua peserta dengan penuh semangat membidik objek-objek yang dirasa bagus. Tak terkecuali aku. Semua mengluarkan kamera masing-masing, mulai dari kamera hp, hp cina sampai kamera DSLR canggih, semua beraksi di bawah terik matahari yang membakar kulit. ough! 

Kami para peserta ditugaskan untuk memotret objek sesuka kami dan mempraktekan materi yang kami terima di ruangan untuk nantinya akan di pilih 4 photo terbaik dan akan mendapatkan hadiah dari sponsor. Pantas saja semua semangat, tak peduli kulit semakin terlihat gelap. Objek-objek juga beragam, mulai dari anak-anak kecil yang mandi di pantai siang-siang, tumpukan sampah pantai, danau dan perahu bebeknya, berugak (Balai) di pinggir-pinggir danau danb sebagainya. Semua bebas memotret. Ini dia lokasi huntingnya.





Bisa dibayangkan bagaimana teriknya. Tapi semangat tetap nomor 1. dan sampailah saatnya kembali ke Ruangan workshop dan mengevaluasi hasil jepretan peserta, masing-masing peserta mengumpulkan tiga foto kepada panitia dan akan di evaluasi bersama satu persatu, aku suka bagian ini karena aku bisa tau kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki dalam pengambilan gambar dan yang sesuai dengan materi sebelumnya.Banyakj juga yang harus dievaluasi tapi ada bagusnya, aku dan kawan-kawan bisa lebih mengerti.

Dan saatnya pengumuman pemenang.. Pemenang ke empat oleh Zeff, teman dudukku di ruangan itu, ketiga Dee denga kamera hp-nya, kedua aku hahaha dan yang perertama Dika (anak SMP hiks..) Kami menerima hadia dari sponsor dengan bangga hahaha..  Padahal tadinya fotoku tidak ada bagus-bagusnya tapi malah di puji-puji oleh mas Fian, katanya memenuhi syarat dan punya cerita. Human Interesnya bagus.. okelah.. aku senang.. ini dia fotonya kawan-kawan..

Foto ini kuambil agak jauh dari Lokasi wista Loang Baloq karena ku pikir akan banyak foto yang sama nantinya. Dan benar saja banyak sekali foto-foto yang sama yang dikutkan lomba. Oh ya, menurut kamu, bagaimana foto ini kawan? kasi masukan donk.... :D

(Setelah dibaca ulang, postingan ini mirip tulisan anak SD yang bercerita tentang liburannya hahahaha, whateverlaahh..)
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Wah, cocok jadi juara kedua! Fotonya memang oke! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kok ngilang tadi bu aira?

      Delete
  2. keren kang... cuma kurang contras jja buat ke tajaman gambarnya... sukses buat lombanya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kelar bro, bukan lomba kok, tadi seminar dn ada pemilahan foto hasil jepretan kecil2an hehe

      Delete
  3. syg, apa nama tempat duduk warna hijau ?

    kalau sy duduk di sana sbg objek pasti lbh asri pemandangannya

    ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya ya tempat duduk sayang hahaha..
      sayang, dimana aja sayang foto, pasti istimewa.

      Delete

Berkicau

Community