Apr 16, 2012

Cinta adalah...


Jika kau pikir kau yang menentukan kepada siapa kamu akan jatuh cinta maka itu bukanlah cinta. itu tak lebih dari penyelesaian rasa penasaranmu terhadapnya. Saat kau sudah mengenalnya dan mengetahui seperti apa dirinya saat itulah hatimu mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan baru. Benarkah kau mencintainya? benarkah kau mencintainya dengan apa adanya dia? Kedekatan akan membuatmu mengetahui seperti apa dan bagaimana dirinya. Apakah setelah itu kamu akan ragu?


Yah, cinta! Cinta punya logika dan caranya sendiri untuk menentukan pada siapa dia akan berlabuh. Pada siapa hati akan merasa bisa membagi segalanya. Tak bisa direncanakan apalagi di rekayasa., Ketahuilah, kawan. Membohongi hati sendiri adalah hal yang sangat berat dan tidak akan membuatmu tenang selama kamu masih belum bisa jujur. Maka jujurlah pada hatimu, jangan terburu-buru memutuskan untuk memulai suatu hubungan atau memutuskan untuk mengatakan bahwa kamu mencintainya. Karena saat kamu mengatakan kamu mencintainya saat itulah kamu telah berikrar bahwa kamu akan selalu mengerti, memahami dan mendukungnya dalam setiap langkahnya meski itu tak semuanya sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Kamu akan dihadapkan pada kenyataan-kenyataan baru tentang dirinya yang selama ini tak kau ketahui dan kenyataan-kenyataan itu tak semuanya sama dengan apa yang kamu inginkan. Masih sanggupkah kamu mencintainya, kawan?! Setelah kata cinta yang kau ucap bersamaan dengan sebuah kecupan manis yang mendarat di bibirmu? Begitu pula dengan hatimu saat itu, menderu dan ingin memeluk erat hatinya.
Pada kenyataannya kita semua adalah manusia. Bukan robot atau malaikat. Semua manusia punya sisi buruk dan sisi baik. saat kau menngucapkan kata cinta artinya kamu telah berikrar untuk menikmati sisi baiknya dan selalu mengerti sisi buruknya dan dengan sabar membuatnya meninggalkan sisi buruknya. tentu saja itu tidak mudah karena yang ingin kita ubah bukan robot. Saat itulah kamu harus mengerti proses. Proses untuk menuju bahagia yang kamu inginkan bersamanya dengan sisi buruknya yang selalu kamu maklumi.

Terkadang kita terlalu sibuk menuntut pasangan kita untuk selalumengerti kita, kebiasaan kita dan segala sesuatu tentang kita. Padahal kita sendiri belum tentu sudah memahaminya dengan baik. Cinta bukan sepihak, cinta adalah saling memahami, mendengarkan, mendukunng, mengingatkan, menenangkan, mengayomi, dan memberi. Cinta bukan pihak satu harus selalu menuruti keanginan pihak lainnya. Bukan juga pihak satu hatus selalu mengerti kebiasaan pihak lainnya. Cinta itu sederhana saja. Saling terbukalah.. saling mendengarkanlah.. saling mengertilah... Buang jauh-jauh ego jika ingin terus bersama pasanganmu kawan. Sesunggguhnya penyebab terbesar terjadi kerusakan hubungan adalah karena ego yang berlebihan. Cobalah tenangkan diri saat merasa kesal, ini akan membantu hubungan menjadi segar kembali dibanding kamu harus meneror pasanganmu dengan extreme.

"Cinta sesungguhnya adalah perjalanan. Kau pasti tahu seperti apa perjalanan itu. Suka dan Suka, Senang dan Sedih, Akur dan Bertengkar, Semua akan ada disana untuk menguji sekuat apa cintamu. Jika kau kalah maka kau akan kehilangan cintamu, jika bertahan kaulah pemenang yang akan di kenang oleh generasi berikutnya dengan bangga."

Cinta tak akan indah jika dijalani dengan terpaksa. Buat apa semua keinginan di turuti hanya karena takut pasangan marah. Buat apa menjadi pribadi lain hanya agar pasanganmu suka dan senang?  Jadilah diri sendiri dan terimalah pasanganmu apa adanya seperti saat pertama kali kamu mengucapkan kamu mencintainya dengan tulus.

Tak perlu serius menanggapi postingan ini kawan. Ini hanya uneg-uneg yang butuh jalan keluar dari kepalaku. 

Ah lagi-lagi postingan ini untuk mengingatkan diri sendiri agar tak kalah dengan ego. Aku ingin mengingatklan diriku bahwa saat kita mencintai seseorang, kita telah merelakan diri untuknya, untuk mengerti tangisnya, mengerti saat ia kesal, mengerti saat ia ingin bermanja dan mengerti bahwa kita sendiri harus dimengerti olehnya.

Aku merasakan keajaiban cinta itu. Entah kenapa, entah dari mana datangnya kesabaran ini? begitu banyak dan selalu tak habis untuk menghadapinya. Aku mencintainya dan aku berusaha untuk selalu ada untuknya dengan segala keterbatasanku yang entah bisa dimengerti atau tidak. Aku hanya berharap semoga semua akan baik-baik saja dan aku selalu sabar menjalani hidup dengan cintaku. Begitu juga aku inginkan dia. Amiin.

Aku menemukan puisi ini dari blog ini

sebuah cintaa. .
tidak bisa dilihat...
diraba..
di cium...
namun cinta itu dapat dirasakan. ... .

banyak anak manusia menginginkan cinta yang tulus...

namunn...
banyak yang gagal .
kenapa ?
jawabannya singkatnya adalah mereka kurang sabar..
banyak kata yang mereka ucap..
kesabaran akan mendatangkan cinta yang indahh..
dapat mengerti pasangan..
pasangan pun nyaman..
itulah kunci cinta sejati...
Comments
1 Comments

1 comment:

Berkicau

Community