Jul 27, 2012

Tips Traveling di Bulan Ramadhan

1.Perhatikan jadwal imsak dan maghrib waktu setempat
 Tiap kota tentu memiliki jadwal imsak dan maghrib yang berbeda, agar tidak kecolongan tentunya kita wajib memperhatikan waktu setempat. kalau perlu bawa jadwal imsakiyah dan maghrib waktu setempat :) 


2. Hormati bulan suci Ramadhan


Nah, buat cewe-cewe seksi yang demen traveling pake baju minimalis, di bulan Ramadhan ini akan lebih baik jika kita menghormati saudara-saudara yang menunaikan ibadah puasa. Buat yang cowo juga sama, sebaiknya lebih menutup aurat.. lhoh??? bingung?? #abaikan
3. Bawa perlengkapan sholat. 
Tau ga kalo masjid itu rasanya beda kalo di bulan Ramadhan? sumpah deh, coba aja.. traveling ke luar kota trus pas sore menjelang maghrib mampir ke masjid setempat. bukan karena emang di sediain ta'jil gratis [yang ini emang bonus, hehehe] tapi entahlah.. suasananya emang beda.. nah, kalo ke masjid otomatis kita juga harus nyiapin perlengkapan sholat..


4. Wisata kuliner


Di Indonesia, di tiap kota di seluruh provinsi, pasti ada pasar-pasar dadakan di bulan Ramadhan, biasanya di sebut Pasar Ramadhan -mulai buka sore sampai larut malam.. di situ banyak di sediain makanan dan jajanan-jajanan khas sebagai ta'jil atau berbuka puasa.. nah, tentunya akan sangat menarik ngabuburit sambil menikmati kota dengan suasana baru.. :)
5. Wisata Religi


Coba deh, kunjungi tempat-tempat religi seperti ziarah makam walisongo, masjid-masjid bersejarah, dll.. pas banget tuh di bulan Ramadhan.. dapetnya sepaket, uda traveling, belajar sejarah, plus ibadah lagi.. :)
6. Jangan terlalu banyak aktifitas di siang hari


Karena puasa, otomatis kita juga harus hemat energi.. tapi bukan berarti kita harus tidur seharian penuh. kita bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan ringan misalnya: pagi bisa kitamanfaatkan dengan jalan-jalan santai di sekitar penginapan, baca buku /Al-Qur'an, siang kita istirahat barang satu atau dua jam, sore jalan ke Pasar Ramadhan -ngabuburit & persiapan buka puasa.. Malamnya baru kita puas-puasin menikmati kota dalam suasana Ramadhan.
Oh ya, kalau puasa, jangan coba-coba deh siang hari jalan ke mall.. di pusat perbelanjaan kita pasti harus jalan kaki terus -otomatis menguras tenaga, belum lagi banyaknya godaan seperti warung-warung / resto yang menjual berbagai macam jajanan dan minuman di siang hari. kalau ga kuat iman bisa-bisa batal itu puasa. mending jalan ke tempat-tempat seperti museum, sanggar seni, perpustakaan, dll..
7. Untuk non-muslim dan yang berhalangan puasa


Nah, buat yang lagi ga puasa, ga usah bingung siang hari mau makan dimana.. di Indonesia, biarpun negeri ini adalah negeri dengan penduduk muslim terbanyak di dunia tapi warung-warung makan banyak yang tetep buka siang hari selama bulan Ramadhan. so, rekan-rekan travelers yang non-muslim atau yang berhalangan puasa ga perlu khawatir. 
8. Saat Berbuka
Kenikmatan teguk air pertama saat berbuka puasa adalah pengalaman yang luar biasa, manisnya satu biji kurma dan berbagi dengan yang lain adalah kebersamaan yang luar biasa indah, kamu juga bisa mengunjungi masjid besar di setiap sudut kota, terkadang bisa kamu temukan aktivitas pembagian takjil gratis hampir di setiap hari, merasakan sensasi berbuka puasa bersama orang-orang baru.

Mungkin itu saja tips traveling di bulan Ramadhan.. salam ransel :)


Sumber : Travelife , JelajahSumbawa dan Travelbuck
Comments
3 Comments

3 comments:

Berkicau

Community