Aug 9, 2012

Lihatlah Ke Bawah (Bersyukurlah...!)

KESENGSARAAN itu bukan karena kita tak punya apa-apa, Tapi karena kita selalu memikirkan apa yang tidak ada. Maka dengan demikian kebebasan sesungguhnya adalah bebas dari berkeinginan. iya donk! selama masih punya keinginan selama itu pula kita tidak akan bebas dan merasa lepas. Tapi pertanyaannya, siapa manusia yang tak punya keinginan? Bahkan orang yang hendak meninggal besokpun masih punya keinginan untuk anak keturunannya meski bukan untuk dirinya sendiri. Lalu apakah itu artinya  kebahagiaan dan kebabsan memang sulit untuk didapat? tidak juga karena KEBAHAGIAAN itu bukan karena kita serba ada,  Tapi karena kita selalu mensyukuri apa yang ada.. Bersyukur jie, bersyukur...! 

Aku tak pernah lupa nasehat bibiku yang ia selipkan lewat candaannya sewaktu aku masih berseragam putih biru dulu. Jangan sering-sering melihat ke atas.. katanya. Lalu dengan polosnya aku bertanya "Kenapa?" Bibiku yang tadinya mengira aku mengerti kalimatnya kemudian tersenyum geli dan dengan jenaka mengatakan "Nanti lehernya sakit atau kesandung batu.."


Jika dalam kehidupan sehari-hari kita berjalan sambil melihat kelangit, mengaguminya tanpa sempat melihat ke bawah maka benar kata bibiku, kita bisa kesandung atau leher bisa kesemutan dan pegal. Bukankah tanpa dilihatpun langit tak akan membuat kita kejedot?.  Begitu juga dalam menjalani hidup, jika terlalu melihat dan berpatokan pada orang-orang yang lebih dari kita maka hidup tak akan menemukan ujung bahagianya, akan selalu ada ketidakpuasan baru saat melihat orang lain lebih dan lebih daripada kita. Cobalah untuk sejenak melihat kebawah,  merenungi betapa beruntungnya kita atas nikmat yang ada. Lalu bersyukurlah,. dan hidup seketika menjadi lebih indah.

Berlomba-lomba dalam menjadi yang terkaya, tertampan, tergaul, tereksis, termodern, terkenal, dan lainnya hanya akan membuat seseorang tidak bisa menghargai hidupnya sendiri. Setiap harinya hanya akan ditemani oleh rasa tidak tenang dalam hati. Masihkah kita bisa menemukan bahagia jika demikian adanya? Sekali lagi bersyukurlah.. Kita semua makhluk yang penuh keberuntungan.


Selamat Santap Sahur, kawan!
Mataram, 9/08-2012


Bonus : "Tanjung Ann Beach - Kute, Lombok"

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. bener banget mas, tetap bersyukur apa yang dimiliki sekarang.... boleh melihat ke atas tapi hanya untuk semangat, melihat kebawah agar tidak lupa seperti apa kita sebelumnya... omong omong foto capa mas bini ya heheh...

    ReplyDelete

Berkicau

Community