Oct 14, 2012

Tiga Buku yang Mengubah Hidupku

Semua sudah tahu dan faham bahwa setiap manusia terlahir seperti kertas putih yang bersih, seperti sebua compact disc yang kosong. Keluarga dan lingkungannyalah yang kemudian mengisinya dengan berbagai macam hal, baik dan buruk. Perkembangan mental anak terbentuk sejalan dengan seperti apa orang tuanya mendidik dan seperti apa lingkungan yang setiap hari dia jumpai. Pengawasan orang tua pada saat-saat anak usia dini hingga menjelang umur 17 tahun sangat penting. Lingkungan tak pernah peduli anak siapa mau tumbuh seperti apa, lalu di perlakuka seperti apa. Terlebih lagi jika lingkungannya tidak mengerti bagaimana berbicara atau memperlakuka anak-anak. 

Anak-anak usia dini adalah perekam paling canggih yang pernah ada. Mereka akan mengikuti apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Bayangkan jika setiap hari yang dia dengarkan adalah kata-kata tidak pantas, kalimat-kalimat negatif dan pemandangan-pemandangan yang tak layak untuk anak-anak. Jika sudah demikian mereka akan tumbuh menjadi anak yang jika tidak nakal maka akan menjadi anak yang pasif, introvert dan pesimis. Bahayalah masa depan anak-anak.

Waktu kecil aku di didik dengan sedikit keras oleh bapakku. Belajar ngaji, belajar apapun jika bapak yang mengajarkan maka hampir setiap hari aku di marahi. Bapak memang bukan orang yang bersekolah tinggi, dan mungkin jarang atau tidak pernah membaca banyak buku. Tapi kasih sayangnya tidak perlu ku ragukan. Hanya saja beliau terlalu keras dan sulit menahan emosi. Lingkungankupun bukanlah lingkungan elit karena aku lahir dan besar di desa. Jadi tidak banyak orang yang mengerti bagaimana seharusnya bersikap di depan anak-anak. Aku tumbuh menjadi anak dengan banyak talenta tetapi pasif dan minder. Minder karena saat marah salah satu guru kerap menyebut kami bodoh, otak udang dll. Kata-kata yang sangat terkutuk untuk di dengar anak kecil. Kata-kata yang telah membunuh kami sebelum kami benar-benar hidup.

Tapi aku bersyukur, Allah memberiku jalan untuk keluar dari derita seorang anak pemalu, pesimis dan introvert. Aku punya hoby membaca yang sangat gila waktu kecil. Hobi membaca ini tidak lain karena aku sering di haruskan tetap berada di rumah pada saat anak-anak seusiaku sedang asik-asiknya bermain. Maka bukulah temanku, bukulah dunia yang ku jelajahi dan bukulah yang membuatku berhasil melepaskan diri dari neraka minder dan pesimis. Perjuangan yang sangat berat dan panjang untuk menghidupkan kepercayaan diri lagi. Apalah artinya segudang bakat jika tak ada rasa percaya diri?

Inilah buku-buku yang telah menjadi peta dalam perjalanku untuk lepas dari cengkraman pesimisme, statis, pasif dan introvert yang adalah akibat dari ketidaktahuan lingkungan dalam bersikap pada anak-anak :

1. Buku Penjaskes Untuk SD Kelas 5A (Buku Pegangan Guru)

Aku masih kelas 4 Waktu itu, Guru-guru banyak yang kecewa padaku karena aku terlalu pemalu padahal aku punya banyak bakat saat itu. Menulis puisi, bernyanyi, pramuka, dan lomba-lomba lainnya. Hanya pramuka yang aku tetap ikuti yang lainnya aku ingin tapi malu. Entah malu pada siapa dan karena apa. Padahal aku tidak jelek apalagi bodoh. Disinilah Allah pertama kali membuka jalan untuk menjadi lebih baik. Di salah satu bab buku ini ada yang membahas tentang anak pasif dan anak aktif, diam-diam buku yang hanya boleh di baca oleh guru ini ku bawa pulang, ku baca berkali-kali bab itu. Disana tertulis bahwa ada dua pilihan masa depan, masa depan suram (madesu) dan masa depan cerah (maderah). Ciri-ciri anak bermasa depan suram salah satunya adalah anak yang pasif. Seketika hatiku seperti diteteskan air dingin sekali. Tersadar dan kaget. Inilah titik dimana aku mulai memasang niat untuk berubah. Rasa malu harus di lawan. Percaya diri harus di selamatkan. Setiap hari terngiang-ngiang isi buku itu dan aku semakin termotivasi oleh ketakutan akan masa depan suram. Sungguh aku yang sekarang hampir tak percaya anak sekecil itu sudah faham akan masa depan suram dan masa depan cerah lalu berusaha merubah diri. Allah luar biasa. Aku melawan malu, aku mulai aktif di segala bidang sejak saat itu, Pramuka, Lomba ini itu, dari nyanyian tunggal, sampai lomba-lomba tradisional saat 17an aku selalu menjadi utusan sekolah. Aku tak pernah lupa buku itu, setiap hari terngiang-ngiang terus kalimat masa depan suram itu, hingga akhirnya taman SMP duniaku telah berubah. Aku bukan anak intovert lagi. Bukan calon anak madesu lagi. Aku sudah berani bermimpi setinggi-tingginya, tak tanggung-tanggung aku ingin menjadi Penulis sekaligus Top Model. Cita-cita yang muncul akibat aku sering curi-curi kesempatan membaca majalah Aneka Yess bibiku. 

2. Quantum Ikhlas - Erbe Sentanu

Semakin usia bertambah semakin komplek masalah kehidupan ini. Aku yang saat itu tak pernah bisa kuliah sesuai dengan passion-ku menjadi pribadi yang kerap emosi dan menyalahkan sana-sini. Menyalahkan ketololan diri yang tidak bisa membantah saat disuruh melanjutkan kuliah di keguruan. Padahal sejatinya minatku ada di desain grafis, kepenulisan dan informatika. Demi menyenangkan orang tuaku aku aminkan permintaan mereka agar aku kuliah di keguruan. Tentu dapat kau bayangkan kawan bagaimana menderitanya menjalani hal yang tidak kita kuasai dan kita inginkan. Ada satu nasihat untuk diriku sendiri saat itu yang sering aku gumamkan saat aku ingin berontak. "Aku tidak mendapatkan apa yang aku inginkan, maka aku akan menikmati apa yang aku dapatkan" terus ku rafalkan untuk menguatkan diri meski sulit dan terkadang ingin menyerah. Hingga akhirnya aku menyadari satu hal, aku tidak pandai bersyukur. Entah berpikir apa aku waktu itu, aku masuk ke toko buku tanpa punya rencana untuk membeli buku apapun, hanya niat untuk membaca tutorial photoshop saja. Tapi sebuah buku bersampul hijau keputihan menarik perhatianku dan aku membelinya. Ternyata Allah memberiku solusi lewat buku itu. Quantum ikhlas, sebuah buku tentang transformasi hati dan cara bagaimana mengupgrade otak. Buku ini unik, berbonus CD suara noise dan suara alam yang bisa membawa otak kanan ke gelombang alfa lalu rileks. Buku ini mengajarkanku bahwa inti dari segalanya adalah hati. Segala yang ada berasal dari tiada, Semua benda padat terdiri dari pertikel-partikel dan unsur-unsur pembentuk. Demikian juga kehidupan ini, semuanya berkaitan satu sama lain, dan otak kananlah yang mampu menciptakan keajaiban-keajaiban. Otak kananlah yang mampu membuat hidup lebih terasa indah dan damai, otak kananlah yang membuat orang selalu bersyukur dan ikhlas serta ber-positive feeling di mana dan kapan saja. Bersyukur dan ikhlas itu nikmat kawan, segalanya menjadi berubah menjadi lebih baik dan indah. Melihat segala sesuatu dari sisi positif memang hal yang luar biasa membahagiakan. Akupun menemukan lagi apa yang ku cari. Keikhlasan, bahkan saat kita merasa tak dianggap. Satu kebebasan telah ku temukan lagi, saatnya mempertahankan.

"Doa atau kata yang diucapkan dari hati lebih cepat terkabul dari doa atau kata yang terucap hanya di mulut" 

3. 7 Keajaiban Rezeki - Ippho

Ini adalah salah satu buku terkeran tentang cara menyikapi hidup yang pernah ku baca. Aku tidak terfokus pada bagaimana cara medatangkan rezeki pada buku ini, tetapi lebih pada bagaimana membangun karakter diri lebih kuat dan bagaimana mejadi berani mengambil keputusan. Niat baik akan selalu mendapat pertolongan Allah, itu yang ku dapat dari buku ini. Maka jangan takut untuk bersedekah, jangan takut untuk berbisnis halal, dan jangan takut untuk menikah jika umur sudah cukup. Tebak saja keputusan apa yang kuambil setelah membaca buku ini. Yah! Aku menikah di umur 24 tahun dengan pertimbangan yang matang dan opsitmis pada pertolongan Allah. Aku masih mahasiswa dan hanya menjalankan bisnis internet marketing yang awalnya tanpa modal. Hanya bermodal mengenal supplier barang-barang yang banyak di cari orang lalu kemudian menjualnya ke pada kawan-kawanku. Siapa sangka istriku juga menjalankan bisnis yang sama, dengan produk-produk untuk kaumnya. Jadilah kami pasangan yang seiring sejalan dan kami percaya Allah selalu menjaga dan melimpahkan rezekinya sesuai dengan keinsyafan dan usaha kami. Yah, sebesar keinsafanmu, sebesar itu pula keberuntunganmu. Aku sangat percaya itu. Keajaiban itu selalu ada. Jangan gunakan kalkulator manusia untuk menghitung rezeki. Allah maha pemberi rezeki. 

Sebetulnya ada banyak buku, hanya saja buku tiga inilah yang telah membuatku berani untuk mengambil keputusan-keputusan yang besar dalam hidupku. Tiga buku ini yang benar-benar terasa sekali sebagai cara Tuhan membimbingku. Maka pesanku, membacalah selama membaca itu tak akan membuatmu menjadi bodoh. Membaca membantumu mengatasi segala macam kesulitan atas Izin-Nya. Membaca tentu saja akan membuat otak lebih terisi, mata lebih terasah, dan hati menjadi lebih peka. 

Teruslah membaca, ilmu Allah itu luas...



Comments
3 Comments

3 comments:

  1. Subhanallah, hanya dengan buku olahraga, anak SD bisa tersadar dan menjadi percaya diri :')

    Untuk buku kedua, saya juga pernah membaca,. Tapi menurut saya pembahasannya terlalu berat untuk saya, hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara Allah membuka hati dan jiwa itu memang misterius mbk :)
      Buku itu menurut saya simple lho, cuma mengajarkan kita untuk selalu berperasaan positif aja.

      Delete
  2. Cinderella was one of replica watches my own claimed favorites if I was growing up. I accept absent calculation of the amount of times I accept watched this Disney action forth with my sister. Now my nieceis at an age if she loves all Disney Princesses mostly Cinderella. One of louis vuitton replica the a lot of coveted Cinderella accessories is after a agnosticism Cinderella bottle slippers. They are attractive to attending at and you just can't accusation anyone for admiring them. Take a attending at some of the best Cinderella slippers accessible online. If there is a adorned party, you can abrasion these bottle slippers and dress up as Cinderella in breitling replica a Cinderella costume. Note that the Cinderella slippers showcased actuality are not all for kids or children. Some of them accomplish abundant adventurous ability (scroll down and you'll see) or are acceptable for adults too.So what are you cat-and-mouse for? Actuality are some of the best Cinderella
    glass slippers accessible online. This appealing Cinderella bottle slipper lights up whenever you walk!A beautiful brace which will be admired by omega replica your little princess.It aswell has some designs at the foreground and has the attending and address of a Cinderella bottle slipper.The architecture at the foreground even contains a Cinderella account to amuse the http://www.turbodemo.co.uk Cinderella fan! A dejected ablaze actua lization is what distinguishes this Cinderella bottle slippers from the blow of the lot.





    ReplyDelete

Berkicau

Community