Jan 30, 2013

Catatan Tentang Masa Depan

Sempurna adalah dimana kebaikan dan keburukan, hitam dan putih, gelap dan terang, manis dan pahit ada dalam satu paket. itulah sempurna menurut yang aku yakini. Sempurna bukanlah keadaan dimana hanya ada kebaikan atau keburukan saja, sempurna bukan keadaan dimana seseorang terlihat begitu baik atau cantik seolah tanpa cacat. Sempurna adalah manusia itu sendiri. Manusia tempat dua potensi sama besar di berikan oleh Allah. Potensi menjadi baik dan potensi menjadi buruk. Selanjutnya tugas manusia untuk menggunakan potensi yang mana dalam hidupnya. Manusia sempurna karena dalam dirinya terdapat kebaikan dan keburukan, terdapat akal juga hati. Akal yang akan terus berpikir untuk mendapatkan jalan menuju yang dicita-citakan lalu hati yang akan menjadi penuntun, pengingat, penyeimbang agar akal tidak tergelincir jatuh pada keburukan. Sempurna!

Selama kita masih berpijak di muka bumi selama itu pula kita akan di hadapkan pada dua potensi dalam diri kita tadi. Sepanjang perjalanan hati akan selalu mendapat ujian dan akal akan terus bekerja untuk survive. Ada kalanya kita merasa lemah dan kalah, tapi hidup masih terus berlanjut. Bangkit dan menjadi lebih baik adalah satu-satunya jalan terbaik. Masa depan tidak ditentukan oleh orang lain, siapapun kamu hari ini siapapun mereka hari ini, masa depan tetaplah misterius. Masa depan tetaplah suci. Kita akan menuju kesana dengan bekal yang kita sediakan hari ini. Masa depan adalah misteri maka yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan hal yang paling baik untuknya tak peduli seburuk apapun kita hari ini, masa depan tetaplah milikmu, milik semua orang.

Maka berhentilah meremehkan dia yang saat ini dibawah kita. Janganlah memandang sinis pada mereka yang tak lebih baik dari kita saat ini. Karena masa depan mereka kita tidak pernah tahu. Jika kita hari ini berkecukupan beramallah sebanyak-banyaknya agar kelak ketika suatu hari ketika kita jatuh kebaikan amal akan menyelamatkan. Jika hari ini kita sehat sejahtera berbagi kebahagiaanlah pada mereka yang tak lebih beruntung dari kita agar kelak ketika susah kita tak merasa sendiri. Tak ada manusia yang mampu melewati kesedihan dan menderita sendiri demikian juga saat bahagia, tak ada manusia yang akan merasa bahagia jika hanya sendiri. 

Lalu jika ada yang meremehkan? acukan saja, atau sebaiknya  berikanlah senyuman. Berusahalah untuk membuat sebuah pembuktian bahwa kita memang tak pantas diremehkan. Tersenyumlah dan ucapkan terimakasih dalam hatimu untuk mereka yang meremehkan kita, sesungguhnya hal tersebut adalah motivasi terbesar bagi kita untuk meraih kesuksesan. Motivasi untuk memberikan pembuktian bahwa kita memang layak untuk menjadi terbaik. Haters is always haters, sebaik apapun kita tetap saja tidak akan baik di mata mereka, sehebat apapun kita tetap saja remeh di depannya. Buat apa memusingkan hal itu? Just Ignore it! Teruslah berjalan dengan usaha terbaik yang kita punya untuk sampai pada masa depan. Bukti adalah cara menyumpal mulut mereka, waktu adalah obat segala luka dan yang diperlukan hanyalah kesabaran, sabar yang aktif.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community