Mar 11, 2013

Perbedaan

Kenapa kita sering takut menjadi berbeda? Kenapa harus selalu menganggap bahwa persamaan akan menjadikan semuanya selalu baik-baik saja? Apa karena kita terlalu egois? Jika semua sama lalu bagaimana dengan pelangi? bagaimana dengan nama-nama? Bukankah yang sama itu membosankan? 

Terkadang mencari selalu persamaan adalah buah dari ketakutan kita pada kenyataan bahwa ada yang berbeda dari kita di luar sana.  Ada yang lebih baik dari kita di luar sana. Selalu fokus pada persamaan tak akan membawamu kemana-mana, bahkan jika kau kemana-mana yang akan kau temui selalu sama, kau yang mencarinya dan akan lebih baik jika kau tidak usah kemana-mana. Mengapa sekelompok orang masih saja meributkan perbedaan? Menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk saling menyakiti, saling berusaha memusnahkan satu sama lain. Perbedaan dijadikan kambing hitam dalam bermacam-macam konflik; Rumah tangga, pertemanan, masyarakat bahkan negara. Perbedaan seolah aib yang harus mereka musnahkan dan harus disama ratakan. Lupakah kita bahwa yang berbeda itu juga dari Tuhan? Padahal kita tahu, Tak satupun yang diciptakan-Nya tanpa alasan. Bahkan kuman yang tak terlihatpun -yang kadang membuat sakit- punya hikmah tersendiri buat kita.

Bisakah kau bayangkan bagaimana suara gitar dengan snar yang dipasang sejenis? Bagaimana bunyinya not-not jika hanya ada not Do saja? atau bayangkan bagaimana jadinya jika di dunia hanya ada satu warna? 

Tentu tak ada lagi gubahan-gubahan musik nan indah dari para maestronya, yang terkadang menenangkan, menentramkan dan menyemangati setiap pendengarnya. Tentu tak akan kau temui macam-macam pilihan lagu jika hanya ada satu not di dunia ini, kau bisa mati bosan karenanya. Dan bisakah kau hidup dalam dunia yang hanya ada hitam saja, putih saja, merah saja atau satu warna saja? Maka syukurilah perbedaan. 

Karena kita berbeda maka hidup kita demikian bermaknanya. Karena kita berbeda kita menemukan teman yang setia, (bayangkan jika semua teman sama: ingin didengarkan saja), Bersyurulah atas perbedaan yang menjadikan berupa-rupa warna indah menghiasi sekelilingmu, menentramkan hati dan jiwamu. Bersykurlah atas berbagai hal yang berbeda, karena kau menjadi pula pilihan untuk melewatkan sisa umurmu. Maka carilah pasangan yang berbeda darimu agar terlengkapi hidupmu. Apa yang tak ada padamu, ada padanya. Apa yang tak dimilikinya, kau memilikinya. Demikianlah, perbedaanlah yang membuat kita saling mengenal, saling mengasihi dan perbedaanlah yang membuat kita mempunyai pilihan untuk memilih apa yang tepat untuk kita. Perbedaan adalah cara Tuhan mengingatkan kita bahwa kita punya dua pilihan dalam hidup ini, menjadi baik atau jahat, kembali ke surga atau neraka.

Jika pasanganmu berbeda darimu, maka lengkaplah hidupmu. Jika konteks berbedanya tidak baik maka saat itu Tuhan sedang memintamu untuk meluruskannya agar ia menjadi berbeda dan lebih baik. Apa yang lebih monoton daripada menghadapi seseorang dengan tingkah laku yang sama setiap hari? Masihkah ada yang memberi dan menerima jika semuanya sama? Maka nikmatilah perbedaan, sesungguhnya perbedaan adalah rahmat Allah SWT.

Lihatlah pengalamanmu berupa-rupa, hidupmu berwarna, hatimu merona, ekspresimu silih berganti, pasanganmu tak pernah bosan, dan ilmu semakin bertambah. Semua itu terjadi ketika kau menghargai dan menghormati perbedaan.Mengerti dan menghargai satu sama-lain, akan membuat hidup lebih damai dan jauh dari kata perang. 

Semoga kita termasuk orang-orang yang berpikir, bahwa dunia ini ada bukan hanya untuk kita saja, tapi juga untuk sedemikian banyak manusia lainnya dan perbedaannya. Urusan baik atau buruk, tak usah risaukan. Akan selalu ada dan biarlah ia mengikuti alur hidupnya.


Ari Lasso - Perbedaan by Goodfelass
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. like... like....

    kunjungan malam sahabat,

    wah banyak bacaan nih, tapi mata udah 5 watt, hehe

    saya bookmark dulu aja deh :)

    salam semoga sehat selalu aamiin

    ReplyDelete
  2. "Perbedaan membawa kesempurnaan", itulah yg ane ilhami dari artikel ini, persamaan hanya membuat kehampaan dan sesuatu yg membosankan, sama dengan "persamaan" dalam matematika, membosankan, hehehehe

    ReplyDelete
  3. bermakna sekali sob..
    trkadang tidak mudah mnjadi berbeda, tapi pngalaman hidup mmang tidak akan prnah sama...

    ReplyDelete

Berkicau

Community