Mar 4, 2013

Quin dan Lamung Pene (Pakaian Adat Sumbawa)

Usia puteriku sudah menjelang empat bulan, itu artinya sudah bisa dan cukup kuatlah dia untuk diajak berperjalanan jauh. Sesuai rencana dulu, di usia tiga bulan Quin akan menjalani prosesi Gunting Bulu, Turin Tana dan Tama Lamung, tradisi turun temurun keluarga saya dan masyarakat Sumbawa pada umumnya. Akhirnya setelah mempersiapkan semuanya kami berangkat menuju Pulau Sumbawa, kampung halamanku. Perjalanan yang cukup panjang bahkan sangat panjang untuk ukuran bayi berumur 3 bulan. Tapi Alhamdulillah ternyata Quin bukan tipe anak lema, dia anak yang kuat dan penuh semangat serta keceriaan, selama perjalanan jika tidak tidur ia akan bermain-main, tertawa-tawa memperhatikan sekelilingnya. Tidak ada tangis bosan atau hal lainnya. Perjalanan menjadi begitu nyaman dan santai.


Gunting Bulu sendiri adalah tradisi menggunting rambut seorang anak untuk pertama kalinya dengan diiringi pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an dan Kitab Barzanji. Setelah prosesi ini selesai barulah si anak boleh di gunting rambutnya untuk seterusnya. 

Turin Tana' adalah semacam tradisi ketika seorang bayi untuk pertama kalinya boleh menginjak tanah. Tradisi ini adalah semacam gerbang awal si anak untuk memulai menapakkan kakinya di permukaan tanah diiringi doa-doa dan proses adat Sumbawa. 

Sedangkan Tama Lamung adalah tradisi memakaikan Lamung Pene (Baju adat Sumbawa) kepada anak perempuan dimana bajunya berjumlah tujuh buah dengan warna yang berbeda-beda. Acara ini cukup membuat Quin kegerahan, bosan dan akhirnya menangis. Mungkin karena ia kagok melihat begitu banyak tamu yang hadir dan menyaksikan acara ini.

Ini adalah beberapa foto Quin dan Lamung Pene-nya



Losonk 2 - Dida dido by nyaAjie
Comments
9 Comments

9 comments:

  1. cantik nian Quin dalam berbagai pose..semoga ALLAH senantiasa melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan untuk Quin...salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin...
      terimakasih doanya mas.
      terimakasih juga sudah berkunjung :)

      Delete
  2. saya mau tanya apa arti warna dari setiap baju yang dikenakan oleh quin? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bbrapa makna yang tersirat mas fajar, ini saya tanyakan langsung pada tokoh adat Tana Samawa (hehehe)

      - Warna
      Warna warni merupakan keindahan dunia baik keindahan yg dihasilkan alam maupun oleh hasil karya manusia. Sehingga manusia diharapkan dpt mencintai keindahan tsb sbg karunia illahi dan dijadikan sbg sarana meningkatkan iman taqwa dan rasa syukur pa Allah SWT

      - Jumlah
      Pemakaian jumlah 7 lembar adalah isyarat ttg kebaikan dan kemaslahatan. 7 sendiri berhubungan dg perjalanan hidup dan matinya seorang makhluk, dimana manusia melalui 7 alam kehidupan dari alam ruh sampai alam akhirat kelak disamping 7 lapis langit yg akan dilalui oleh ruh manusia menuju ke haribaan Illahi robby di arasy. Disamping angka 7 merupakan perputaran moksa bumi selama 7 hari/malam dimana manusia selaku hamba Allah diperintahkan dlm 7 hari tsb utk sll beribadah kpdNya serta mencri hidup dlm rangka memakmurkan diri keluarga agama dan bangsanya

      semoga jawabannya memuaskan. salam budaya!

      Delete
  3. anaknya unyu unyu :)
    sangat menginspirasi, kalau bukan kita yang melestarikan budaya kita, pada siapa yang kita harapkan lagi :)
    Sukses kang! :)

    ReplyDelete
  4. Tambah kuat keinginan mempunyai anak keturunan Sumbawa melihat foto2 ini :)
    Doakan saya (Sunda+Cina) dan suami (Sumbawa) bisa mendapatkan keturunan secantik Quin ya :)

    ReplyDelete
  5. Aku mau beli baju ini gmn caranya iaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajunya gak dijual mbk.. itu kemarin dibuatin :)

      Delete

Berkicau

Community