May 21, 2013

Teman dan Kenangan

Teman adalah bagian hidup yang sangat penting. Teman adalah orang yang dikirim Tuhan untuk menyempurnakan hari-hari ini. Sempurna dalam arti sebenarnya. Mereka yang membuat hari-hari penuh warna indah dan kadang mereka pula yang membuat warna kelam dalam hidup kita. Tapi semua itu wajar, memang harus ada hal seperti itu dalam hidup karena hidup adalah proses dimana kita akan ditempa untuk menjadi kuat dan bijak lewat masalah-masalah yang terjadi antara kita dan teman-teman kita. Percayalah kelak kau akan berterimakasih padanya atas hari-hari penuh persaingan dan masalah yang pernah kamu lewati bersamanya, kawan.

Semuanya hanya akan menjadi kenangan di masa depan. Tak ada yang bisa dikembalikan dari masa lalu. Kita hanya perlu tersenyum saat mengingat semua yang telah lalu. Bahwa betapa dulu kita pernah begitu sama-sama egois dalam menentukan siapa yang lebih hebat dari siapa. Siapa yang lebih gaul dari yang lainnya, siapa yang lebih pantas mendapatkan cewek cantik di sekolah dan lain-lain. Bahagialah atas kenangan-kenangan itu. Bahkan aku sering tertawa sendiri mengingat aku pernah berkelahi dengan Farhan teman sekelasku karena pacar kami bedua yang berkelahi lebih dulu. Kami, layaknya seorang pacar yang baik maju ke depan membela pacar masing-masing. 


Ah betapa lucu dalam kenangan. Pernah juga dua orang cewek berkelahi hebat karena majalah yang ku bawa ke sekolah, mereka rebutan ingin membacanya, rebutan meminjam majalah itu padaku. Aku bingung harus ngasi ke siapa terlebih dahulu. Akhirnya ku putuskan Aini yang lebih dulu baca karena dia yang lebih dulu meminjamnya, dia girang dan memanas-manasi Eka cewek tomboi yang suka bikin ribut itu. Alhasil mereka berdua jambak-jambakan dan yang menjadi korban adalah majalah baruku. Hancur, sobek tidak karuan. Dulu saat kejadian itu aku memang kesal tapi sekarang itu adalah kenangan yang lucu dan pasti bikin senyum saat dikenang. Begitulah, kawan pada akhirnya semua akan menjadi kenangan, tinggal kita yang memutuskan mau menjadi kenangan indah atau tidak.

Minggu kemarin Sahabatku Kresna menikah dengan kekasih hatinya. Seminggu sebelumnya ia memintaku membuat undangan di facebook untuk teman-teman sekolah. Dia berharap kami semua bisa berkumpul di hari bahagianya. Undangan selesai dan hari yang ditunggu tiba. Dengan travel aku menuju Sumbawa sehari sebelum acara. Menyiapkan kamera, kado dan sebagainya untuk menyambut dan mengabadikan hari bahagia sang sahabat. Satu persatu teman-temanku di masa lalu muncul di aula Hotel Sernu Raya  pagi itu, aku senang sekali melihat mereka lagi, banyak sekali hal yang berubah dari mereka juga aku tetapi posisi mereka sebagai teman dan sahabat tak akan pernah berubah dihati. Kami tersenyum satu sama lain, membagi bahagia karena bertemu kembali setelah hampir tujuh tahun tidak bertemu dengan sebagian dari mereka. Pertanyaan yang lebih banyak muncul tentu saja "apa kabar?", "Tinggal dimana sekarang?" "Udah nikah belum?" dan lainnya. Kami bahagia mereyakan pertemuan yang sebentar itu di hari bahagia salah satu teman kami. Meski tidak semuanya bisa datang paling tidak aku bisa melihat kembali wajah-wajah yang hampir tujuh tahun tidak pernah kulihat lagi secara langsung. Bahkan ada beberapa teman yang dulu kami tidak pernah bertegur sapa atau jarang berinteraksi, hari itu kami akrab sekali dan terlihat sekali rona bahagia dari wajah-wajah kami karena bertemu kembali dengan bagian dari kenangan masa sekolah dulu. Yah, kenal atau tidak mereka adalah bagian dari masa-masa indah hari-hari di sekolah dulu. Kamipun melebur dalam bahagia, tertawa bersama, berfoto bersama, bercanda dan saling mendokan semoga selalu sehat, sukses dan yang belum bertemu jodoh segera di pertemukan. Itulah persahabatan, waktu telah menjadi penguat tali pertemanan kami.

Acara singkat itu berakhir, kami kembali pulang ke aktivitas dan rumah masing-masing. Pada kehidupan nyata kami masing-masing. Kenangan dan kerinduan sudah di tuntaskan untuk sementara. Kami bahagia, semua bahagia.







Sheila On 7 - Sebuah Kisah Klasik by Pupun Wirasaputra
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. Aqu update terus blogmu Ji'...
    keren2 dah tulisanmu, inspirasi banget...
    Keep spirit buat nulis... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makasih banyak ri.
      sukses selalu.

      Delete
  2. Saya suka cerita cerita dalam blog ini. Sukses ya buat blognya
    sedikit mau share aja
    Dibayar Dengan Klick Iklan

    ReplyDelete

Berkicau

Community