Nov 5, 2013

Nasi Puyung Addict


Siapapun yang pernah ke Lombok pasti tidak asing lagi atau paling tidak pernah mendengar kuliner yang satu ini. Nasi Puyung! 

Kuliner yang satu ini terkenal karena pedasnya yang khas dan hampir melewati batas kemanusiaan hahaha. Super pedas! Tapi buat saya pribadi justru pedasnya nasi puyung itulah yang bikin ketagihan. Ketika disantap rasanya lebih seperti sedang menjalani tantangan makan cabe, tapi setelah makan pasti berniat akan memakan lagi. Nasi Puyung selain pedas, rasa gurihnya benar-benar terasa dan berkombinasi sangat pas dengan rasa pedas dan kriuk-kriuk kentang yang dipotong kecil-kecil tipis memanjang. Ada juga Telur Ragi Genep yang menurut saya menjadi semacam pengurang dosis pedasnya. Telur Ragi genep adalah telur yang direbus dengan bumbu entah apa, yang jelas terasa seperti direbus dengan rempah-rempah. Sangat khas aroma dan rasanya dan telur ragi genep itu harus telur ayam kampung. Hmmm jadi ngilerrr..

Lalu kenapa namanya nasi puyung?
Puyung merupakan nama Kabupaten di Lombok Tengah, tepatnya Puyung Lingkong Dalam. Namun, jangan mengira bila nasi balap puyung hanya bisa ditemui di daerah Lombok Tengah. Olahan unik ini sudah terkenal ke seluruh wilayan NTB, bahkan hingga ke mancanegara, salah satu penyukanya wisatawan asal Eropa. (okefood.com) Bahhh!!

Secara tampilan, menu ini biasa saja, hanya berisi suwiran daging ayam
yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan kentang kering kecil yang diiris sangat tipis hingga orang tidak akan sadar bahwa itu kentang, serta telur ragi genep, sebagai alasnya diberikan daun pisang. Letak
kekuatan pada makanan ini adalah rasa pedas dan bumbu yang sederhana. Itu dia!

Dan bahagianya saya sebagai seorang addict nasi puyung adalah ternyata dapur nasi puyung idola saya ada di komplek tempat saya tinggal. Dan jika tidak pandai-pandai mengendalikan diri untuk alasan kesehatan pencernaan mungkin saya akan makan nasi puyung setiap hari, Tapi pedasnya tidak terlalu baik untuk perut saya jadi, minimal 3 hari sekali atau seminggu sekali lah. 

Ini dia penampakan dapur nasi Puyung idola saya. Sederhana tapi di jamin bersih dan sehat. foto ini diambil dengan kamera iPhone 4s dan di olah dengan aplikasi snapseed.





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community