Dec 14, 2013

Ada Apa Dengan Quin?

Dua hari ini Quin tidak fit dan sering kebangun malam-malam lalu nunjuk ke atas sambil bilang "Ituh..ituh.." lalu nangis teriak-teriak. Kami panik, pikirku pasti dia sedang mimpi buruk karena pengaruh demamnya yg tidak tinggi. Lalu aku gendong dia keluar kamar, dia malah makin nangis dan nunjuk kamar tapi ketika di kamar ia nangis lagi. Kalaupun tidur, lagi-lagi dia akan bangun dan nunjuk ke atas sambil nangis. Ada apa ya? kami bingung.

Hingga tadi ketika dia tidur dan terbangun lagi sambil nunjuk, terjawab sudah misteri nunjuk-nunjuk atas lalu nangis itu. Tapi kali ini dia nunjuk ke samping bukan ke atas.

Dia sudah tertidur sekitar 15 menit dengan sweaternya, tiba-tiba ia bangun merengek lalu menunjuk ke atas lagi sambil bilang "ituuh..ituh.. ituuh..." setengah berteriak aku kebingungan, ibunya apalagi. Lalu karena melihat kami kebingungan (mungkin), anakku yang berudia 1 tahun dua bulan itu menunjuk ke sambil sambil bilang "ituuuh.. ituuuh.." Aku langsung menerjemahkan itu artinya dia mau diajak keluar kamar. Sampai di luar ternyata tetap nangis dan minta masuk kamar. Kembali ke tempat tidur dia masih nunjuk samping dengan "ituuh...Ituuu..." nya.

Pikiranku mulai tidak tenang. Bermacam-macam perkiraan bermunculan di otakku. Mungkin dia diganggu makhluk astral, mungkin dia mimpi buruk dan ngigau, dan banyak lagi mungkin-mungkin yang lainnya. Satu-satunya yang bisa ku lakukan untuk menenangkannya hanya dengan menggendongnya keluar kamar karena bahkan menyusupun ia tidak mau. 


Dia terus menangis dan anehnya sampai diluar kamar dia tetap minta masuk kamar. Sudah dua malam aku dan istriku tidak bisa tidur nyenyak karena tingkahnya Quin yang aneh ini. Bahkan ortuku yang kebetulan ada di rumah tidak tahu harus berbuat apa-apa kecuali memberikan nasehat "Nan bua man mo foto-foto bae anak nene, man mo olo-olo foto pang internet" (Makanya, udah gak usah sering-sering foto-foto lagi anaknnya, gak usah upload-upload lagi fotonya di internet). Entahlah, karena aku cari aman, ketika Quin bisa tidur lagi aku langsung menghapus foto-fotonya Quin dan meng-hidden album fotonya di facebook. Mungkin ini tidak terlalu masuk akal, tapi aku cari aman aja, gak ada susahnya kan tinggal hapus dan hidden. Oke, hapus foto sudah tapi bagaimana hasilnya? Quin kebangun lagi, nunjuk-nunjuk lagi dan bilang Ituuh...ituuuh.. lagi. Aduuhh...

Setengah putus asa aku bertanya sama dia "kenapa sayang? ada apa disana? mau nyalain kipas angin?" Karena arah nunjuknya ke arah kipas angin di sudut ruangan. Dia masih nunjuk, lalu akupun menyalakan kipas angin itu. Beberapa detik kemudian, diapun berhenti nangis, diam, lalu tidur lelap. Aku dan ibunya berpandangan, melongo dan ketawa cekikikan. Ternyata selama ini dia nunjuk-nunjuk atas itu minta dinyalain AC, lalu ketika kami tidak mengerti juga dia menunjuk ke samping tempat tidur, ke arah kipas angin. Tak kuasa menahan ketawa, kamipun tertawa bersama mengingat-ingat ke-sok-tahu-an kami yang menafsirkan tingkah Quin macam-macam. Bahkan dia tidak terganggu dengan suara tawa kami setelah AC nay di hidupkan. Saat nulis inipun saya masih cekikikan membayangkan saya hampir saja googling keyword "Doa pengusir hantu penganganggu bayi", "jenis hantu penganggu tidur anak", saking putus asanya liat Quin histeris nangis yang ternyata nangis karena kepanasan.

Ahh.. jadi malu sama Quin.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community