Dec 12, 2013

Cara Membuat French Fries a La Mr. A

Suami keren itu adalah suami yang juga bisa masak! titik!

Mau protes? protes aja, saya gak akan protes balik kok. Karena di postingan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman pertama membuat kentang goreng yang nama kerennya French Fries. Mungkin saya tidak akan pernah mencoba untuk memasak kentang atau belajar membuat French Fries kalau saja sahabat saya Surya dan Fira pasangan suami istri hebat ini tidak membawakan saya ole-ole Kentang Segar, Strawberry dan Wortel segar dari Sembalun. Dan mungkin saya tidak akan mendapatkan ole-ole itu jika saja mereka tidak punya niat untuk nekat jalan-jalan berdua ke Sembalun yang sebelumnya belum pernah mereka datangi. Pasangan ini memang selalu asik dan kompak. Jadi sebelum menulis resep dan langkah-langkah membuatnya saya mau ucapkan terimakasih dulu lewat blog ini buat dua sejoli ini karena kalau bukan karena ole ole dari mereka saya tidak akan merealisasikan niat saya membuat French Fries yang sudah ada entah sejak tahun kapan. Makasih ya masbro dan mbakbro.

Oke, mari kita mulai. 

Pertama-tama yang saya lakukan adalah googling! Yah, saya tidak punya buku resep tentang ini ataupun pernah membaca tentang ini jadi saya curhat sama mbah Google tentang bagaimana cara membuat French Fries yang paling enak yang pernah ada dan akhirnya ketemulah website ini. Thanks buat website tersebut yang sudah membantu saya untuk membangkitkan bakat dan minat memasak saya yang sebenarnya sudah ada sejak kecil tapi terpendam dan semakin terpendam sejak ada ada kabar bahwa pria bisa masak itu aneh. Sekarang saya sadar bahwa yang mengatakan hal itulah yang aneh dan stupid.

Kedua, Siapkan Kentang secukupnya, Minyak Goreng yang dua kali penyaringan, Tepung Bumbu Serbaguna atau bisa dengan tepung terigu plus garam halus, (sesuai selera aja, saya sendiri pakai tepung bumbu biar gak ribet) dan alat-alatnya adalah pisau dapur yang tajam buat motong kentang, Wajan yang bersih, wan wadah tempat cuci kentangnya biar getah beningnya hilang.

Ketiga, potong kentang seperti seperti bentuk French Fries pada umumnya, atau kamu punya ide bentuk lain juga boleh tapi bentuk biasa yang saya rekomedasikan karena bentuk ini lebih ceoat matang dan matangnya bisa rata dan si kentang matangnya kompak. Setelah di potong-potong cuci kentang 4-5 kali atau sampai airnya tidak berwarna keputihan lagi. Ini maksudnya agar getahnya hilang, getah itu yang bikin kentang gak renyah dan cepat loyo (gak tau kata apa yang tepat).

Keempat, rebus! Ya, rebus kentangnya dalam air mendidih selama lebih kurang 3-5 menit saja. Lalu tiriskan dan taburkan dengan tepung bumbu tadi. Kalau saya sendiri cara naburinnya gini : tepung bumbu dan kentang saya masukan ke dalam toples tupperware lalu di-shake-shake sampai rata. Usahakan di shake ketika kentangnya masih panas biar meresap dan tepung bumbunnya nempel.

Kelima, Goreng! Saatnya untuk menggoreng ketang yang sudah tercampur rata dengan tepung bumbu. Pastikan apinya sudah menyala dan minyak gorengnya benar-benar sudah panas. Jika sudah masuk ke minya goreng kontrol api nya, jangan terlalu besar, gunakan api yang sedang-sedang saja ini untuk menghindari kentang jadi gosong atau matang luarnya doang.

Keenam, Finish! Setelah di goreng, tiriskan dan sajikan di wadah yang di lapisi tissu untuk menyerap minyak yang masih tersisa di dalam kentang. Ini biar kita tidak terlalu banyak memakan minyak, kan gak baik buat kesehatan ini juga maksdnya biar kentangnya gak cepat lembek.  Setelah bener-bener gak berminyak baru deh disajikan dengan sambal Pedas manis Indofood. Dalam penyajiannya saya punya pesan, jika kamu cewek boleh bahkan disarankan memakai gaya Chef cantik Farah Quin ketika menyajikannya tapi jika kamu cowok jangan sekali-kali meniru gaya Farah Quin, karena jijik dan saya pastikan kamu akan terlihat hina sekali. Kalau gak percaya, silahkan coba, saya aja gak berani nyoba!

Tapi saya berani nunjukin hasil masakan saya (Katanya kan no foto = hoax),
Ini dia, French Fries ala chef aJie 

(pake gaya chef Juna kalo saya, mah)

Ting!





Comments
1 Comments

1 comment:

Berkicau

Community