Feb 14, 2014

Tentang Spam di Facebook

Beberapa hari terakhir banyak disebar secara otomatis foto screenshot yang ribuan orang ditag dan meminta anda untuk klik lalu melakukan Ctrl+A, Ctrl+C lalu Ctrl+V di konsol browser anda. 

Fitur yang ditawarkan:
1. Cara mengetahui password FB teman. 
2. Cara mengetahui isi inbox teman. 
3. Cara mengganti Facebook Sport Theme.
4. Cara mengganti tema Facebook, emoji, warna-warni dan mengetahui pengintip profil. 
5. How to get Followers + Likes and cool Themes. 
6. Facebook Tin Theme. 

Saya sarankan agar link-lini yang atau fitur yang ditawarkan itu diabaikan saja, karena link tersebut menuju sebuah aplikasi auto tag otomatis dalam bentuk script yang melakukan tag foto yang sama kepada SELURUH teman FB anda hingga mereka terpancing untuk klik juga lalu menyebarkan tag-tag dan ribuan tag lagi kepada teman-teman FB mereka. Sangat jahat, sangat mengganggu dan akan merusak reputasi anda di Facebook karena nama Andalah yang tercantum sebagai orang yang telah menyebarkan tag-tag spam itu ke seluruh teman anda 

Memang menggiurkan fitur yang ditawarkan tapi ketika Anda sudah sadar terkena jebakan saat itulah niat Anda mengklik link tersebut ketahuan. Masih syukur niat Anda mengklik link tersebut cuma untuk mengganti tema atau menambah link, bagaimana jika ternyata Anda mengklik link tersebut karena Anda ingin membobol pasword orang lain? Memalukan bukan. Sudah gagal ketahuan pula niat buruknya. Jadi sudahlah, jadilah pengguna internet atau warga facebook yang baik dan bijak.  

Berikut ada beberapa tips untuk kawan-kawan yang hobby bersosial media agar tidak mudah terkena jebakan sejenis ini.

1. Jangan klik link sembarangan saat anda login di FB. Biasanya link-link tersebut menggiurkan, misalnya foto-foto sexy artis, video mesum anggota DPR, dll.

2. Jangan coba-coba script asing yang anda tidak tahu pasti fungsinya saat anda sedang login di Facebook. Nah ini dia kasus di atas, biasanya hal ini sering dibuat di page-age tertentu, tujuannya biasanya untuk menambah like sebuah fanpage secara tersembunyi, ketika anda mengklik link atau memasukkan angka atau huruf yang di minta maka otomatis anda sudah me-like sebuah fanpage yang anda tidak tahu itu fanpage apa.

3. Jika terlanjur klik atau sengaja mengeksekusi script tertentu, segera ganti password anda untuk berjaga-jaga. Cek juga halaman-halaman yang anda sukai di facebook, jika ada halaman yang Anda merasa tidak pernah klik, di unlike saja.

 4. Anda juga dapat mengecek Log Aktivitas untuk mengetahui dimana saja Anda pernah berkomentar jika ada komentar yang tidak pernah anda tulis itu artinya pasword tidak aman. Segera ganti.

5. Berselancarlah dengan hati-hati dan penuh tanggung jawab karena internet bukan hanya untuk anda, tapi juga untuk teman, kerabat, kolega dan sahabat anda. Apalagi jika di akun facebook Anda banyak data-data pribadi yang penting.

Mudah-mudahan bermanfaat. silahkan di share atau perlu di copas agar tersebarkan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community