Oct 14, 2014

Gratis. Download Simulasi CAT CPNS untuk Android

Belakangan ini sedang rame-ramenya orang-orang yang berlomba-lomba mempersiapkan diri untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dengan mengikuti serangkaian pendaftaran dan tes di daerah dan instansi-instansi negara. Bedanya dengan tahun-tahun lalu, tahun ini penerimaan CPNS menggunakan sistem CAT (COMPUTER ASSISTED TEST). Apa itu CAT? ini dia penjelasannya :

Sistem CAT ini nantinya para peserta yang mengikuti test CPNS tersebut menerima soal secara on-line, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS/CASN tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana.
Dengan sistem ujian yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut, setiap peserta test CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal test tersebut. Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.


Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi Tes Kompetensi Bidang (TKB), disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Dan inilah yang masuk dalam kisi-kisi tes cpns 2013 tersebut.
Pelaksanaan tes ujian cpns akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian cpns pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan cpns di lembaganya maupun di kementriannya.

Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Tes ini terdiri dari 3 bagian yaitu :
1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
1. Pancasila.
2. Bhinneka Tunggal Ika.
3. UUD 1945.
4. Tata Negara.
5. Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah.
6. Sejarah Indonesia.
7. Bahasa Indonesia.
8. Bahasa Inggris.
9. Pengetahuan dan Wawasan Umum.
2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
1. Kemampuan verbal, yang terdiri atas : Tes Sinonim (persamaan kata); Tes Antonim (lawan kata): Tes Padanan hubungan kata; dan Tes Pengelompokan kata.
2. Kemampuan numerik yang terdiri atas : Tes aritmetik (hitungan) : Tes Seri angka, Tes Seri huruf, 

Tes Logika Angka, dan Tes Angka dalam cerita.
3. Kemampuan berpikir logis dan analisis Tes Logika Umum yang terdiri dari bagian : Tes Analisa Pernyataan, Tes Kesimpulan Silogisme, dan Tes logika Cerita.
3. Tes Karakter Pribadi (TKP).
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
1. Tes Integritas diri.
2. Tes Semangat berprestasi.
3. Tes Kreatifitas dan inovasi.
4. Tes Orientasi pada pelayanan.
5. Tes Orientasi kepada orang lain.
6. Tes Kemampuan beradaptasi.
7. Tes Kemampuan mengendalikan diri.
8. Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
9. Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
10. Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
11. Tes Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Maka dari itu, persiapan yang matang harus dilakukan jika ingin lulus dan menjadi pegawai negeri sipil. Moment ini di manfaatkan oleh banyak pihak, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Di dunia nyata misalnya, mulai banyak beredar dan bermunculan para penjual contoh soal, buku-buku panduan, dan seminar-seminar serta tryout tentang CAT ini. Di dunia maya sendiri juga tak kalah ramai, tak terhitung jumlah website yang menawarkan contoh soal, tryout, software dan lain-lain tentang CAT ini. 

Untuk semakin mudahnya belajar CAT, developer aplikasi android tak mau ketinggalan. Sekarang ada aplikasi simulasi CAT yang bisa di download dan di gunakan di smartphone android. Buat kawan-kawan pengguna android bisa mendownload Simulasi CAT CPNS untuk Android di sini -- Simulasi CAT.

Semoga sukses!



Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Hayo.. hayo yang mo ikutan Tes CPNS...
    #Blog Walking

    ReplyDelete
  2. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete

Berkicau

Community