Dec 17, 2014

10 Shortcut Komputer yang Berguna

MBDC. Saya yakin banget kamu udah pada jago mainin komputer, dan shortcut yang mau saya bahas berikut ini juga mungkin kamu udah pada tau. Tapi gak ada salahnya juga kan ngasih tau dan ngingetin lagi.

Nah, berikut ini nih shortcut komputer yang sangat berguna.

Alt+F4

alt-f4
Ini adalah shortcut buat matiin atau shutdown komputer kamu. Kalau kamu selama ini senengnya klik start lalu pilih shutdown, maka gak ada salahnya kamu gunain shortcut ini sesekali, terutama saat kamu lagi bareng cewek yang pasti bakal kagum dengan keahlian kamu memainkan komputer. Oiya, kalau kamu lagi buka microsoft word, maka alt+f4 ini adalah sarana untuk keluar dengan cepat. Asal jangan keluar yang lain ya yang cepet, kasihan nanti pasangan kamu.

Alt+J

alt-J2
Cara cepat buat buka jukebox musik. Udah gitu doang. Mungkin  karena fungsinya buka musik, akhirnya band indie rock asal Inggris pun ada yang gunain nama Alt-J. Kamu gak tau ya bandnya? Sama dong saya juga gak tau.

Command+Shift+3

cmd-shift-3
Kalau di windows kamu harus pencet printscreen, kemudian buka progam editing gambar dan kemudian pencet ctrl+V, wah ribet banget deh pokoknya. Nah kalau di mac kamu cukup pencet command+shift+3, dan screen capture keselurahan layar komputer kamu ada di desktop.

Command+Shift+4

cmd-shift-4
Nah kalau ternyata kamu gak mau screen capture keselurahan layar, pengennya beberapa bagian doang gitu, maka kamu cukup pencet command+shift+4, dan hasil screen capture langsung muncul di desktop.

Command+Tab

cmd-tab 

Kalau kamu kebetulan lagi browsing-browsing, dan butuh buka banyak tab, maka cara yang paling simpel buat ngelakuinnya adalah dengan pencet command+tab. Kamu gak perlu lagi repot-repot klik tombol + di browser kamu.

Ctrl+Alt+Del

ctrl-alt-del

Lagi main komputer, tiba-tiba ngehang. Nah kamu bisa pencet ctrl+alt+del, yang kemudian bakal muncul task manager. Trus kamu liat aja tuh aplikasi yang not responding yang mana.

Command+Option+Esc

opt-cmd-esc

Nah kalau di mac, cara buat nutup paksa atau force quit aplikasi yang mungkin ngehang atau udah gak kamu butuhin lagi adalah dengan mencet command+option+esc.

Option+Shift+K

opt-shift-k

Ini sebenernya gak gitu penting sih, tapi kalau kamu pengen coba ya silahkan. Option+shift+k adalah cara munculin logo . Tuh saya udah bikin logonya.

Shift+Del

shift-delete 

Kebiasan orang setelah ngapus file di komputer windows adalah lupa buat bersihin tong sampahnya. Sama kayak rumah kamu, walaupun bersih dari sampah tapi ternyata tong sampahnya penuh banget gak dibuang, ya sama juga boong. Nah kalau kamu yakin sebuah file itu udah gak berguna sama sekali, ada baiknya kamu ngapusnya dengan pencet shift+del, maka dengan demikian file tersebut juga hilang dari tong sampah.

Spacebar

spacebar
Kalau kamu lagi gunain aplikasi tulis menulis, spacebar berfungsi buat ngasih spasi antara kata. Nah tapi di mac, spacebar juga berfungsi untuk membuka file (preview). Misalnya kamu ada file lagu, nah kamu bisa tuh dengerin dengan mencet spacebar, tanpa harus buka iTunes terlebih dahulu. Apalagi kalau ternyata lagunya gak enak, menuh-menuhin library aja.

Nah kira-kira itu lah shortcut berguna yang bisa kamu terapin dikeseharian kamu. Semoga abis baca artikel ini, kamu jadi lebih ngulik lagi komputer kamu, gak cuma bisa pake doang.

Oiya kalau kamu mau nambahin shortcut lainnya boleh loh share di komen.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community