Jan 23, 2015

Tipe Guru yang Tak Terlupakan oleh Muridnya

HUBUNGAN guru dan siswa ternyata hubungan yang indah untuk dikenang. Nggak kalah indah dengan mantan pacar. Kadang berlangsung rumit, kadang terasa romantis, tapi sesekali menegangkan dan terasa penuh konflik.

Bagi saya, hubungan guru bukan hubungan transkaisonal di kelas semata. Hubungan dengan guru juga hubungan kultural dua manusia beda usia. Oleh karena itu, ketika siswa dan guru harus berpisah, kenangan dengan guru akan melekat erat. Tidak jarang, seorang siswa mengingat gurunya hingga ia tua. Ibu saya sendiri masih ingat guru-guru plus karakter gurunya seperti apa, bukan cuma ibu saya, kakek sayapun masih ingat siapa guru-gurunya, seperti apa kelakuan gurunya yang tak terlupakan dan diingat hingga beliau sudah punya cucu yang udah punya anak dua.  Tapi, memang harus diakui, tidak semua sosok guru mudah dikenang. Biasanya hanya guru-guru dengan karakter khusus yang diingat siswanya hingga tua. Guru yang berbeda dan punya "sesuatu" yang bisa membuat siswa nyaman, tertawa, bahkan takut. Hal-hal yang cenderung hanya guru tersebut yang memiliki karakter tersebut di sebuah sekolah seperti di atas yang membuat sang guru tak akan terlupakan. Bahkan saya dulu sering sekali mimpi buruk di suruh jawab soal kimia oleh ibu Dian guru SMA saya yang cantik tapi jutek luar biasa hehehe semoga sih sekarang udah gak. Ini hanya semacam kesan dari seorang murid ya bu Dian.

Nah, Berikut beberapa di antaranya guru-guru yang tak akan terlupakan oleh murid-muridnya :

1. Guru Cantik yang Bikin Siswa Nggak Konsen

SAAT upacara bendera di Senin pagi, kepala sekolah memperkenalkan akan ada guru baru. Awalnya sih underestimate. “Paling seperti guru yang lain,” pikirku.

Tapi saat guru baru itu naik podium untuk memperkenalkan diri, “Wow, cantiknya. Dia tampak bersinar…”

Guru cantik itu kemudian masuk di kelas. Suasana kelas yang panas, tiba-tiba berasa sejuk saat doi masuk. Ada angin sepoi yang masuk lewat ventilasi. Ada aroma wangi yang menyergap lewat jendela. Dan saat guru cantik ini mulai bicara, suaranya terdengar merdu. Saat dia tersenyum, senyumnya seperti Katrina Kaif. Dan saat ia berjalan di depan kelas, dia seperti Putri Indonesia yang berjalan di catwalk.


Yang aneh, kehadiran guru cantik bisa bikin siswa yang biasanya berisik di kelas, langsung disergap senyap. Tiba-tiba mereka taubat nasuha menjadi siswa baik. :-p 

2. Guru Ganteng yang Bikin Siswinya Caper

SELAIN guru cantik, guru ganteng juga bisa memporak-porandakan dunia persilatan. Bedanya, kalau guru cantik disukai siswa laki-laki maupun perempuan, guru ganteng hanya jadi idoal siswa perempuan tapi jadi musuh siswa laki-laki (kompetitor berat). Kehadiran guru ganteng juga bisa membuat kelakuan siswi di sekolah berubah. Mereka menampakkan diri jadi lebih dewasa dari biasanya. 

3. Guru Sepuh yang Nggak Pernah Marah

Dia sudah hampir pensiun. Rambutnya sudah memutih. Kacamatanya tebal. Cara ngajarnya pun pelan. Bahkan suaranya hampir tidak terdnegar dari belakang. Tapi dia guru yang baik, tidak pernah marah di kelas. Saat ada siswa yang bingung dia akan bombing dengan tekun. Kalau ada satu pertanyaan, dia akan menjawab dengan seribu jawaban. 

4. Guru Baik Hati yang Suka Traktir

Meskipun gaji guru (dulu masih) kecil, ternyata ada guru yang murah hati traktir siswa. Awalnya sih kebetulan. Tapi, kadang itu jadi kebiasaan. Begitu guru baik ini masuk kantin, belasan siswa nimbrung ikut-ikutan makan. Setelah selesai makan, siswa memasang wajah memelas. Tampangnya distel sebagai warga negara paling tertindas.

Apa boleh buat, guru baik ini harus nraktir lagi. 

5. Guru Inovatif

Di sebuah sekolah, biasanya ada guru yang bisa membuat kelasnya begitu menyenangkan. Dia berinovasi membuat kelas seperti tempat bermain. Kadang dia suka ngajak ke laboratorium membuat ini itu. Kadang dia ajak siswa ke lapangan untuk mengamati ini dan itu. 

6. Pembina Pramuka yang Mau Diajak Camping

Saat pelantikan pengurus OSIS, kamu buat acara malam di sekolah. Untuk memastikan acara berjalan lancar, ada guru yang siap sedia menemani kalian di sekolah. Dia rela bergadan untuk awasi kalian. Kalaupun dia gak kuat menahan kantuk, dia Cuma tidur di sofa ruang tamu. Lain waktu, kalian buat pelantikan bantara di gunung. Letaknya lumayan jauh juga dari sekolah. Biar sangar, kendaraan yang dipakai pun bukan bis, tapi truk terbuka. Guru yang satu ini juga gak keberatan ikutan naik gunung. Dia bersusah payah meniti jalan naik turun di hutan.

Kenangan yang paling susah dilupakan adalah saat malam hari kalian bikin api unggun. Acaranya bakar-bakar dan pentas seni. Di luar dugaan, dia ikut sibuk nyapkan jagung. Saat pentas seni, dia juga menyumbangkan sebuah lagu dengan iringan gitar akustik. 

7. Guru Seni yang Pinter Nyanyi

Guru seperti ini biasanya tampak hebat saat ada acara perpisahan. Sebagai orang yang punya talent di bidang seni, dia jadi orang sibuk. Dia ikut nata panggung, urus sound system, bahkan nyusun acara. Saat acara dimulai, dia pun menyumbag beberapa lagu. 

8. Wali Kelas yang Rajin Home Visit

Di luar dugaan, saat kalian seminggu nggak masuk sekolah setelah jatuh dari motor, ada guru yang datang ke rumah. Guru itu memarkrir motornya di halaman rumah, salaman dengan kedua orang tua, bahkan ngobrol sampai berjam-jam. Saat itulah kalian lihat, sifatnya di sekolah ternyata berbeda dengan ketika di rumah. dia lebih humoris daripada biasanya. 

9. Guru IPA yang Jadul Tapi Jenius

Ada guru yang suka pakai stelan tahun 80-an. Kacamatanya tebal. Rambutnya belah tengah sejak dulu. Tapi di balik penampilannya yang jadul, ternyata dia punya hobi baca yang luar biasa. Saat kalian mulai ngobrol dengan dia, kalian baru rasakan dia punya pengetahuan tentang astronomi, filsafat, bahkan sepak bola. 

10. Guru BK yang Nyaman Buat Curhat

Ada beberapa guru BK di sekolah. Tapi nggak tahu kenapa, guru BK yang satu ini lebih nyaman diajak cerita. Awalnya kalian ngobrol sama guru ini karena telat masuk. Tapi lama kelamaan, kalian malah curhat tentang kondisi keluarga. Lama kelamaan kalian juga cerita tentang hubungan asmara.

Yang aneh, di depan guru seperti ini kalian nggak canggung buat nangis. Kalian bisa mewek di depannya dengan nyaman. 

11. Guru Killer yang  Suka Nyuruh Lari Keliling Lapangan

Selain guru “protagonis”, ada juga guru “antagonis” yang selalu dikenang siswanya. Salah satunya guru killer. Ini jenis guru yang suka pasang tampang serem saat di kelas. Dia masuk kelas tepat waktu. kalau ada sisw ayang telat masuk dia bakal bilang “Tutu pintu dari luar!”

Nah, guru ini juga suka nyuruh siswa lari keliling lapangan, berjemur di lapangan saat tengah hari,  bahkan push up. Waktu dihukum sih rasanya dongkol. Tapi setelah lulus, rasanya kangen juga sama guru yang satu ini. Pengin main ke rumahnya dan push up di depannya.  

12.  Guru Jomblo yang Suka Nyepik Siswinya

Ada guru muda. dia masih jomblo. Nggak tahu kenapa, saat ngajar pandangan matanya tertuju ke salah satu siswi. Bukan Cuma itu, sesekali guru muda yang satu ini juga makan siang bareng di kantin. Bahkan dia rela pulang sore saat si siswi cantik ikutan ekstrakurikuler. (sumber)

-----------------------------------------------------------------------------------------------

BONUS :

Ini adalah solusi untuk anak-anak, ponakan atau adik-adik kamu yang sudah kecanduan gadget dan menjadi malas belajar. Miliki produknya atau bergabunglah bersama kami di wwww.focusa.co.id untuk dunia pendidikan Indonesia yang lebih baik.



Bonus Bening lainnya :

foto Instagram: hanikenisha

Instagram: davianakbar

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community