Apr 13, 2015

10 Buku Yang Bisa Bikin Kamu Kelihatan Keren

Di zaman sekarang yang serba digital, siapa bilang buku udah ditinggalin? Justru, daya tarik buku makin meningkat. Keberadaan versi fisik menimbulkan nostalgia dan kekerenan tersendiri. Dengan baca buku (atau minimal ngefoto buku), kamu udah dianggap pinter. Maka dari itu, melalui artikel ini saya menyerukan untuk penggalakan program membaca buku untuk semua orang.

1. Haruki Murakami - IQ84
Salah satu buku terlaris Haruki Murakami ini sebenernya sudah rilis di Jepang sejak tahun 2009, tapi entah kenapa baru ngetren di tahun 2013. Ketika semua orang mulai membicarakan versi Indonesianya, saya sih gak heran. Kepopuleran Haruki Murakami emang belakangan lagi meningkat banget. Dengan update foto di media sosial soal buku Haruki Murakami, pasti kamu akan dianggap keren.



2. William Shakespeare's Star Wars
Rilis Star Wars tahun depan udah diantisipasi sejak lama. Semua hal yang berhubungan dengan Star Wars pun selalu dianggap keren. Kalo kamu pengen kelihatan makin mentereng, bisa coba beli buku ini. Perpaduan gaya tulis William Shakespeare dan Star Wars. Djiamin kamu kelihatan beda dari fanboy lainnya.


3. John Green - The Fault In Our Stars
Walaupun kenyataannya buku ini terlalu cengeng, tapi gaya penulisan John Green yang cerkas bisa membuat kamu mabuk kepayang sama kata-kata. Ceileh. Dengan membawa buku ini ke coffee shop, kamu akan menarik perhatian cewek-cewek yang penasaran "Ih kok dia tahu sih buku ini?". Sudah terbukti.



4. Dewi Lestari - Supernova
Banyak yang bilang, Dewi Lestari membawa nafas segar dalam sastra Indonesia. Pembahasannya soal banyak hal, mulai dari sains, spiritual, romansa dan lain-lain. Jika kamu ketahuan sedang membaca (atau setidaknya) memegang buku ini, orang pun akan memandang kamu berbeda. Setidaknya dianggap punya pengetahuan berlebih. Kamu ngerti atau nggak bukunya tentang apa, itu urusan lain.



5. JD Salinger - The Catcher In the Rye
Saya pernah sekali waktu diajak ngobrol sama cewek, gara-gara baca buku JD Salinger ini. Kayaknya fakta itu aja udah jadi legitimasi bahwa membaca buku ini bikin kamu kelihatan keren. Buku yang kabarnya mengilhami Mark David Chapman untuk membunuh John Lennon ini penuh emosi sekaligus menghibur. Sangat direkomendasikan.


6. Tan Malaka - Madilog
Sebenarnya untuk kategori buku pemikiran bapak bangsa, banyak yang bisa kamu coba baca. Soekarno menulis Di Bawah Bendera Revolusi, Bung Hatta membuat Alam Pikiran Yunani, Soe Hok Gie menorehkan buku legendaris, Catatan Seorang Demonstran dan banyak lagi lainnya pemikir yang membentuk Indonesia. Tapi, saya rasa kamu perlu membaca Madilog oleh Tan Malaka. Pemikirannya yang progresif untuk jamannya sangat menginspirasi. Bawa buku ini ketika kamu main-main ke Gunung (gunung mana aja, kalau bisa sih Bromo, Tambora, Rinjani atau Gede Pangrango), dipastikan teman seperjalanan kamu akan mengajak kamu ngobrol tentang kemerdekaan.


7. Stephen Hawking - A Brief History of Time
Salah satu buku paling populer di dunia sains, A Brief History of Time mengandung banyak sekali persoalan hidup melalui astronomi. Bersaing dengan Carl Sagan, Pale Blue Dot sebagai buku sains paling filosofis, A Brief History of Time akan membuat kamu terlihat pintar



8. J.R.R Tolkien - Lord of the Rings
Semua orang mungkin udah nonton filmnya. Tapi, belum tentu semua orang baca bukunya. Dengan membaca buku-bukunya dan juga membaca buku-buku lain yang berhubungan, kamu bisa menjadi snob dan setiap kali ada yang mulai membahas filmnya, kamu bisa nyela dengan omongan "Bagus sih adegan itu, tapi di buku jauh lebih menarik". Keren kan?



9. George R. R. Martin - Game of Thrones
Serial TV paling hits dan paling epic saat ini Game of Thrones adalah sesuatu yang bisa membuat kamu diterima di pergaulan. Baca novelnya dan kamu bisa ngasih spoiler ke orang-orang yang hanya nonton serial tvnya. Kekerenan kamu pun bertambah.



10. Noam Chomsky - Profit Over People
Di antara banyak bapak ekonomi modern, Noam Chomsky mungkin yang paling radikal. Idenya yang kiri dan penentangannya terhadap neoimperialisme Amerika pantes dibaca di saat semua orang peduli politik Indonesia saat ini. Profit Over People hanya salah satu contoh buku. Foto buku ini di Instagram bersama secangkir kopi panas, kamu pun disangka seorang pemikir.



Setelah terlihat keren, jangan lupa diserap juga ya isinya. Buku jangan dipake buat properti foto doang. Dipake buat nambah pengetahuan juga dong. Kekerenan kamu akan percuma ketika kamu gak tau harus jawab apa ketika membahas bukunya.

Udah saya kasih cheatnya, sekarang tugas kamu untuk bikin diri jadi makin kelihatan keren. Oke? Ada buku lain yang harus dimasukin? Coba share di comments!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community