Jul 1, 2015

Hari ini kita main Play Doh

Berawal dari si kaka yang hobi banget nonton kreasi playdoh di youtube. Kalau sudah nonton video play doh biasanya langsung diam dan tidak suka diganggu. BIasanya sampai lelap. Lama-kelamaan ia mulai berpikir untuk punya play doh, lalu minta dibelikan. Beberapa kali memang sempat dibelikan tapi hal yg menganggu pikiran adalah aman gak play doh itu buat anak? Karena kadang-kadang ketika sedang asik membuat bentuk-bentuk dengan play doh si kakak iseng memasukkan play doh ke mulutnya, mungkin karena bentuk dan warnanya yang menggoda, mirip sekali dengan makanan, atau es krim. Saya memang belum tahu apa bahaya tapi jelas sekali jika plastisin tidak aman untuk di masukkan ke dalam mulut. Saya dan istri sayapun mencoba mencari solusi. Dari facebook saya menemukan teman saya pernah membuat play doh aman buat anak-anak dari tepung terigu dan taipoka. Lalu istri saya juga menemukan tutorialnya di youtube.
Tanpa pikir panjang si ibu mencari bahan-bahannya di kios sekitar rumah walaupun ketemunya tidak lengkap, ya sudahlah apa yang ada aja soalnya si kakak sudah gak sabar pengen main play doh, merengek-rengek minta ke indomaret buat beli play doh. Setelah semua bahan terkumpul membuat play doh dimulai. 
Buat teman-teman yang ingin ikut membuat, bahannya tidak susah dicari, begitupun cara membuatnya, sangat simple, dibutuhkan sedikit tenaga untuk membuat adonan yang bagus dan warna yang merata. Maka itu si ibu menyerahkan pada saya urusan bikin adonannya. Oke.

Ini dia bahannya yang simple saja.
- Tepung Terigu / Tepung Tapioka
- Air 
- Minyak Sayur / Minyak Goreng
- Pewarna Makanan
- Boleh tambah garam atau penyedap.


Cara buatnya mudah sekali, campur semua sampai menjadi adonan yag bagus! warnanya mrata dan ingat keersihan harus yang utama. Penggunaan pewarna sebaiknya tidak terllau banyak siapa tau anak-anak tiba-tiba memakan plah doh nya atau minta di goreng di jadikan jajan bawang. 

Walaupun ini play doh yang aman karena terbuat dari bahan-bahan untuk membuat kue, pengawasan dari orang tua harus tetap ada. Dampingi anak-anak bermain, pancing imajinasi mereka dalam membentuk bentuk-bentuk lucu dari play doh. Misalnya membuat es krim, buah-buahan, atau membuat bentuk binatang. Apalagi kalau bisa sisipkan juga pesan moral untuk anak-anak.

Selamat berkreasi ya ayah bunda. 

Nah ini dia foto-foto waktu saya, Quin dan Deeva membuat play doh.
Ini dia bahan-bahannya






Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community