Jul 8, 2015

Tentang Menjadi Orang Tua

Kenapa kita harus selalu memperbaiki diri setiap hari? Kenapa kita harus selalu berusaha bersikap baik, sopan, bertata krama, dan jujur setiap hari? ada banyak alasan kenapa, tapi buat saya salah satu alasannya sederhana saja : agar saya bisa menjadi contoh yang buat anak-anak saya.

Karena mereka akan mencontoh apa yg mereka lihat dari org tuanya. 

Suatu hari ketika sholat berjama'ah di rumah, Quin yang selalu mengambil posisi di samping saya terlihat sangat serius mengikuti setiap gerakan saya. Detail sekali. Ketika saya baca al fathiha dan ayat pendek dia mengikuti dengan suara agak kencang. Bahkan ketika saya terbatuk dan ketika sy menggaruk hidung karena gatalpun dia ikuti. Jujur sholat yang itu saya sampe aga kesusahan konsentrasi. Tapi dari sana sy makin sadar bahwa anak-anak adalah cerminan orang tuanya. Apa yang kita perlihatkan ke mereka itulah yang akan mereka tiru. Maka jika ingin mengoreksi diri bercerminlah pada anak-anak. Ketika anak-anak melakukan hal-hal tidak baik tidak perlu jauh-jauh mencari penyebabnya. Mengoreksi diri lebih baik manfaatnya daripada mengoreksi orang lain...

Menjadi orang tua itu tidak ada sekolahnya karena itu sebagian refrensi kita dapat dari bagaimana cara orang tua kita mendidik dan memperlakukan kita ketika kita masih kecil dulu. Sebagian lagi bisa kita pelajari dari pengalaman orang lain dan naluri kita sebgai makhluk sosial.

Semoga kita semua diberikan kemudahan, kesabaran dan petunjuk untuk menjadi orang tua yang baik, bijak dan dewasa...



Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community