Nov 30, 2016

Sepat, Sajian Favorit Orang Sumbawa

Kenangan makan sepat enak beberapa waktu yang lalu masih segarr di lidah dan di ingatan.. Bahkan setiap ingat rasanya aku sampai nelan ludah.. hmm... Memang bagi masyarakat Sumbawa, Sepat adalah menu masakan yang tak pernah bosan untuk di santap. Selain mudah dibuat sepat juga termasuk jenis makanan yang sehat karena tanpa minyak atau goreng-goreng. Sepat adalah racikan ikan dan bumbu-bumbunya yang semua di bakar atau di rebus. hmm, pengen coba? ayo baca cara masaknya.


Sepat adalah masakan khas daerah Sumbawa, rasanya asam - asam segar. Biasanya di bulan puasa, 30 hari puasa maka 30 hari sepat hadir menemani berbuka. Ibu- ibu yang ngidam selalu pengennya sepat, makanan ini populer di Sumbawa. Memang inilah salah satu resep masakan khas daerah Sumbawa.


Bahan - bahan:
- ikan segar apa saja udang juga boleh, dibakar atau direbus (lebih enak di bakar)
-1 buah terong ungu, dibakar, kupas, dirobek kasar.
-daun basil segenggam, robek kasar.
-3 buah kemiri, dibakar
-5 buah thai chilli, dibakar
-1 buah tomat, dibakar
-garam dan msg secukupnya
-air matang segelas
-krupuk kulit
-2 buah jeruk sambel

Cara masak:
Uleg garam dan kemiri sampai halus, tomat, cabe, diuleg kasar. Masukkan ke mangkok, dikasih air matang, perasan jeruk sambel, msg, terong ungu, daun basil. Cicipi sampe rasanya asam segar menggigit. Kemudian masukkan ikan bakar dan kasi krupuk kulit di atasnya.

Cara makannya:
Jangan digenangi di atas nasi seperti makan sop, tapi di makan terpisah,sendoki nasinya dan sruput sepatnya,begitulah cara Orang Sumbawa makan sepat.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community