Dec 1, 2016

Bebalung Klebet, Warung Bebalung Paling Enak!

Bebalung adalah salah satu makanan khas Lombok yang berupa sop iga sapi atau kerbau yang di racik dengan bumbu dan rempah sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa kuah yang khas, gurih dan nikmat. Di sajikan dengan nasi putih dan lebih mantab jika disajikan bersama Plecing kangkung pedas. Bebalung sendiri berasal dari bahasa Sasak "Balung" yang berarti tenaga. Maka cocok saja dengan bahan utama bebalung ini, daging sapi atau kerbau yang bisa menambah energi dan tenaga. 

Ada banyak warung yang menyediakan Bebalung di kota Mataram, semua dengan cara dan rasa khas masing-masing. Juga dengan andalan bahan utama masing-masing. Ada Bebalung dari daging Sapi, Kambing dan Kuda. Untuk lidah saya sendiri, dari sekian banyak tempat Bebalung yang pernah saya datangi, Bebalung Klebet adalah warung bebalung yang menurut saya paling enak. 

Hal pertama yang menarik perhatian saya ketika pertama kali menyantap bebalung Klebet adalah kuahnya. Jika di warung Bebalung lainnya kuahnya agak kental dan penuh buih bumbu, maka di bebalung Klebet kuah bebalungnya lebih jernih dan kadang malah bening. Karena di saring sebelum di sajikan, jadi kita gak akan ketemu tuh sama buih-buih bumbu plus tulang-tulang kecil yang bisa mengganggu sewaktu makan atau menyeruput kuahnya. Rasa dari bebalung Kelebet juga sangat pas giruhnya, tidak berlebihan dan sangat cocok jika ditambahkan sambal tomat halus yang pedas seperti sambal plecing kangkung. Rasanya benar-benar sulit dilupakan. Pemilihan dagingnyapun demikian, tulang iga dengan daging-daging segar dan lunak yang menempel memberikan rasa tersendiri pada kuahnya. Dagingnya tidak keras dan alot, ini adalah bagian paling saya sukai dimana ketika saya dengan mudah memisahkan daging dari tulangnya kemudian langsung masuk ke mulut dan memanjakan lidah. Selama makan bebalung Kelebt belum pernah saya mengalami daging yang nyelip di sela gigi atau lemak yang menempel di bibir, rongga mulut atau tangan. Lemak dagingnya seakan terpisah sempurna ketika kuahnya disaring. 



Untuk menikmati Bebalung Klebet kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.  Cukup membayar IDR 30k/porsi udah termasuk sepiring nasi putih dan segelas air putih. Inipun baru naik harganya, sebelumnya cuma IDR 25k, tempat makannya cukup luas dengan ruangan bernuansa biru langit yang cerah. Memang tampak biasa saja tapi cukup nyaman dengan jendela yang teruka lebar dan kipas angin yang meberikan uadara segar ketika kamu terlalu banyak pakai sambal hehehe.

Karena warung Kelebet ini sudah punya banyak idola, kamu harus beradu cepat dengan konsumen lainnya. Warung ini buka jam 8 pagi dan tutup paling lambat jam 2.00 siang. Jadi kalau kamu pergi lewat jam dua siang makan yang akan kamu temukan adalah plang yang bergantung di gerbangnya dngan tulisan "Sudah habis".









Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community