Feb 19, 2017

DIY Projects: 8 Inspirasi Perabotan Rumah Unik dari Barang Bekas


Genks, kalian  pastinya sudah sering mendengar kata “DIY” bukan? Yup, singkatan dari “Do It Yourself” ini memang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang suka berkreasi. DIY sendiri menjadi sebutan bagi kegiatan membuat atau merangkai potongan-potongan menjadi suatu rangkaian benda yang unik.
Saat ini begitu banyak tutorial DIY yang beredar di media sosial, mulai dari DIY aksesoris fashion hingga perabotan rumah tangga. Nah kali ini, Toped akan memberikan beberapa inspirasi perabotan rumah yang unik dan bahannya terbuat dari barang-barang bekas. Jadi kalau di rumah kamu banyak barang-barang bekas, jangan terburu-buru membuangnya yah, Genks. Siapa tahu bisa kamu jadikan perabotan unik seperti di bawah ini.

1. Sofa dari ban bekas
Ban mobil bekas kamu banyak banget numpuk di gudang sampai-sampai kamu ingin membuangnya? Eitss tunggu dulu, Genks! Jangan terburu-buru membuangnya, karena ban mobil bekas ternyata bisa kamu kreasikan menjadi sofa yang unik dan lucu loh. Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan cat, tali tambang berukuran sedang, potongan kayu berbentuk bulat sebagai penyangga bagian tengah, lem dan paku sebagai perekat, dan bantalan busa.
diy project - sofa dari ban mobil bekas
Cara membuatnya nggak sulit kok. Pertama, baluti semua permukaan ban dengan tali tambang. Atau jika ingin lebih mudah, Kalian bisa langsung mewarnainya dengan cat sesuai dengan keinginan. Setelah itu, letakkan kayu tepat di atas bulatan ban, rekatkan menggunakan paku. Terakhir, tambahkan bantalan busa empuk yang sudah dilapisi dengan kain di atas ban tersebut. Dan taraaaa, jadilah sofa unik yang pastinya tidak bisa kamu beli di toko-toko furniture hehehe. Selain bisa diletakkan di dalam rumah, sofa ban ini juga sangat cocok untuk kamu letakkan di taman rumah kamu loh :D

2. Kursi + rak buku dari sisa kayu
DIY project yang satu ini multifungsi loh. Bisa dijadikan kursi sekaligus rak buku. Peralatan yang kamu butuhkan untuk membuatnya hanya kayu berbentuk bulat memanjang, kayu berbentuk segi empat (disarankan menggunakan kayu yang tebal) dan paku. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup dengan memaku kayu-kayu panjang pada kayu berbentuk segi empat hingga berbentuk seperti kursi. Untuk bagian depannya, biarkan tetap tidak tertutupi, agar bisa kamu gunakan untuk menyimpan koleksi buku kesayanganmu.
diy project - kursi + rak buku
3. Lemari dari koran
Membuat lemari dari koran, gimana bisa?? Bisa dongs! Nah daripada koran bekas kamu cuma menuh-menuhin gudang, mending keluarin terus ubah koran bekas yang tidak terpakai menjadi lemari unik. Yang kamu butuhkan hanya koran bekas dalam jumlah yang banyak, perlengkapan bor, tali atau kawat, dan lem.
diy project - lemari dari koran bekas
Cara membuatnya pun sangat lah mudah. Pertama-tama, gulung koran dengan bentuk memanjang seperti pipa. Agar bisa lebih kokoh saat berdiri, gunakan beberapa lembar koran untuk satu gulungan berbentuk pipa. Setelah terbentuk banyak gulungan, lubangi pada bagian atas, tengah dan bawah setiap gulungan dan sambung tiap gulungan menggunakan kawat atau tali. Supaya lebih rekat, olesi setiap gulungan koran dengan lem. Kemudian susun gulungan-gulungan koran hingga membentuk sebuah lemari. Terakhir, lapisi permukaan luar lemari dengan koran atau kertas kado agar terlihat lebih rapi dan cantik.
diy project - lemari dari koran bekas
4. Vas bunga dari kaleng makanan
Kamu suka ngemil? Nah kalau kamu sering membeli makanan ringan yang wadahnya berbentuk bulat dan panjang vertikal, kamu bisa menjadikan wadah tersebut sebagai vas bunga cantik dan unik yang bisa kamu letakkan di meja makan ataupun ruang tamu seperti di bawah ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangat mudah dicari, seperti kerikil dan lem. Untuk membuatnya, oleskan lem di sekeliling kaleng bekas tersebut, lalu tempelkan kerikil di sekelilingnya dan jadilah vas bunga yang unik dan minimalis.
diy project - vas bunga dari kaleng bekas makanan ringan
5. Kursi patah dijadikan ayunan
Kamu punya kursi yang kakinya sudah patah sehingga tidak bisa digunakan lagi? Tenang.. Kami tetap bisa menggunakannya kok, genks. Caranya, jadikan kursi tersebut menjadi sebuah ayun-ayunan yang bisa kamu gantungkan di batang pohon yang ada di halaman rumah kamu. Atau jika tidak memiliki pohon, kamu bisa membuat penyangga yang terbuat dari kayu ataupun besi.
diy project - ayunan dari kursi patah
6. Kursi santai anak dari pipa paralon
Si buah hati minta dibelikan kursi baru? Daripada membeli mahal-mahal di toko furniture, mending kamu membuat kursi sendiri dengan memanfaatkan pipa paralon yang sudah tidak terpakai. Kamu tinggal membentuk potongan-potongan pipa paralon membentuk rangkaian kursi, dan menambahkan kain dengan motif dan gambar kesukaan si kecil.
diy project - kursi santai anak dari pipa paralon
7. Pot bunga dari sepatu
Sepatu kamu udah banyak yang kekecilan jadi nggak bisa dipakai lagi? Tapi jangan buru-buru membuangnya ke tong sampah. Kamu bisa mengalihfungsikan sepatu tersebut menjadi pot bunga yang cantik. Caranya gampang banget, cukup dengan mengisi tanah dan tanaman ke dalam sepatu tersebut. Tapi jangan lupa untuk melubangi bagian bawah dan sampingnya yah Genks, agar sirkulasi udara dan air ke tanaman bisa berjalan dengan baik. Ukuran lubangnya tidak perlu terlalu besar, diameternya cukup 0,2 cm saja. Tapi jenis sepatu yang paling cocok untuk dijadikan pot bunga adalah sepatu yang menutup hingga atas mata kaki seperti boots
diy project - pot bunga dari sepatu boots
8. Jam dinding dari pelek sepeda dan katrol
DIY wall clock menjadi salah satu DIY project yang cukup banyak digemari saat ini. Untuk bisa memiliki pajangan jam unik ini di rumah, kamu tidak perlu membelinya mahal-mahal, Kamu bisa memanfaatkan pelek sepeda yang tidak terpakai ataupun katrol bekas. Kamu cukup menempelkan kertas berbentuk bulat yang sudah dilengkapi dengan angka-angka, lalu menambahkan jarum penunjuk dan mesin penggerak di bagian belakangnya. Sangat mudah dan unik bukan?
diy project - jam dinding dari katrol bekas
diy project - jam dinding dari katrol bekas

Nah ternyata barang bekas juga punya manfaat yah, genks. Semoga kedelapan contoh perabotan rumah dari barang bekas di atas bisa menginspirasi kamu untuk berkreasi. Selamat mencoba! :D

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community