Mar 7, 2017

Menumbuhkan Minat Baca Anak di biMBA-AIUEO Lombok

Ada banyak usaha yang dilakukan oleh para orang tua untuk menjadikan anaknya cerdas. Untuk membuat anaknya menjadi anak yang selalu mudah diterima di mana saja, termasuk dalam menentukan pendidikan setelah Playgroup, Paud, atau TK. Seiring dengan itu banyak pula pilihan yang disediakan oleh orang, lembaga maupun organisasi untuk mewujudkan keinginan para orang tua. Namun memilih salah satu bukanlah hal yang mudah. Butuh melihat lebih dekat bahkan mencoba terlebih dahulu sampai benar-benar yakin bahwa pilihannya benar. 

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, kemampuan anak dalam hal membaca, menulis dan berhitung tentu merupakan modal yang besar untuk bisa mengikuti perkembangan zaman termasuk modal untuk bisa diterima di jenjang sekolah selanjutnya. Namun banyak yang berpendapat bahwa anak usia dini belum waktunya diajarkan untuk membaca, menulis dan berhitung. 

Banyak anak usia pelajar yang tidak suka belajar. Coba ingat pengalaman kita semasa sekolah dahulu. Apakah kita senang belajar atau senang ketika tidak ada guru? biMBA ingin mengubah mitos tersebut, ketika anak sudah di”biMBA”kan, anak akan merasa bahwa belajar adalah kegiatan yang menyenangkan dan anak akan ingin mengulanginya lagi di mana pun dan kapanpun.

Kemampuan membaca yang rendah

Kondisi minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat dari data yang dikeluarkan BPS (Badan Pusat Statistik) pada 2006. Bahwa, masyarakat Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama mendapatkan informasi. Orang lebih memilih menonton TV (85,9%) dan mendengarkan radio (40,3%) dibandingkan membaca koran (23,5%). (www.bps.go.id).

Data lain, misalnya IEA (International Association for Evaluation of Educational). Tahun 1992, IEA melakukan riset tentang kemampuan membaca murid-murid SD (Sekolah Dasar) kelas IV di 30 negara di dunia. Kesimpulan dari riset tersebut menyebutkan bahwa Indonesia menempatkan urutan ke-29. Angka-angka itu menggambarkan betapa rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak SD.

Mengapa hal itu terjadi? Karena sebagian besar orangtua hanya sibuk mengejar anak supaya bisa baca. Anak dikatakan bisa membaca ketika sudah bisa membunyikan kata atau kalimat. Coba kita ingat, berapa banyak anak-anak yang dapat membaca sebuah cerita dengan suara yang lantang, tetapi ketika diminta untuk menceritakan kembali isi cerita kok tidak bisa?

Lalu apa yang harus orang tua lakukan? Ayo saya ajak berkenalan dengan biMBA - AIUEO.

Apa itu biMBA-AIUEO?

biMBA-AIUEO adalah program Minat Baca dan Minat Belajar Anak yang berfokus pada proses, bukan pada hasil. Terbukti metode ini lebih berhasil meningkatkan kemampuan baca dan belajar anak daripada metode yang menekankan pada hasil. Keistimewaan biMBA-AIUEO adalah Fun Learning, Small Step System dan Individual System.

 Intinya program ini bertujuan bagaimana menarik atau merangsang rasa ingin tahu anak pada suatu objek dengan membaca. Anak tidak dipaksa untuk belajar membaca, berhitung atau menulis tapi di arahkan agar anak pelan-pelan menyukai proses belajar membacanya dengan ceria dan bahagia.

biMBA AIUEO sendiri telah memiliki ribuan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan biMBA AIUEO Lombok menjadi cabang ke 2096 yang dibuka. Beralamatkan di BTN Graha Royal Jalan Madrid Raya No.29 Gunung Sari, Lombok Barat, biMBA AIUEO Lombok ini mulai beroperasi sejak November 2016.



Metode Belajar di biMBA - AIUEO

Nah ini yang membuat program ini berbeda. Metode yang digunakan adalah metode yang mengarakan anak-anak melupakan kesan bahwa belajar itu selalu memlulu tentang hal-hal membosankan. Disini anak-anak akan dipancing untuk dengan senang hati belajar. Ada lima metode yang mendukung proses belajar mengajar di biMBA AIUEO ini.

FUN LEARNING

Fun learning adalah suatu proses belajar yang 100% menyenangkan bagi anak. Lho kok hanya anak saja, bagaimana dengan ibu gurunya??? Guru adalah orang dewasa yang harus bertanggung jawab memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak di kelas. Caranya ??? ibu guru diwajibkan untuk menerapkan 5S ( sambut, senyum, sapa, salam, sebut nama ) selama berada di lingkungan biMBA-AIUEO.


Mengapa pembelajaran di kelas harus  fun learning? Karena tujuan biMBA adalah menumbuhkan MINAT Baca dan belajar Anak. Untuk membuat anak senang dan menyukai kegiatan baca dan belajar tidak ada metode lain selain fun learning. Mengapa demikian? Karena dunia anak adalah dunia bermain, kegiatan belajar untuk anak usia dini harus bersifat kegiatan yang menyenangkan dan tidak memaksa, metode pengajarannya pun tidak membebani anak

Mengajarkan membaca pada usia dini memang masih menimbulkan perdebatan, apakah sehat mengajarkan membaca pada anak usia dini ? sebenarnya hal itu tergantung dari mana melihatnya. Jika anak diharapkan memiliki kemampuan membaca dengan cara pemaksaan, maka hal itu tidak sehat. Pemaksaan terhadap anak akan berdampak negatif. Dampak yang paling buruk adalah menurunkan IQ anak pada usia produktif. Oleh karena itu para guru dan orangtua yang membimbing anak usia dini seharusnya menjauhkan cara mengajar yang bersifat pemaksaan.


SMALL STEP SYSTEM
smallSmall step system adalah proses belajar yang dilakukan secara bertahap, dimulai dari yang mudah. Untuk membuat anak senang dan suka belajar, pemberian materi  harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak memahami materi belajar, sehingga tidak membuat anak merasa terbebani dan stres.

biMBA-AIUEO telah menyusun kurikulum secara bertahap, menggunakan modul yang berisi potongan tema kecil yang berkesinambungan. Setiap tahap mempunyai tujuan masing-masing dan tujuan itu harus terpenuhi sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yang lebih tinggi.

Konsep biMBA-AIUEO adalah bermain sambil belajar.  Materi belajar diberikan dalam suasana bermain seperti mengenalkan huruf, angka dan kata dengan cara berdialog menggunakan bahasa biMBA dan menggunakan sarana lagu sebagai pengantar.  Perlu diketahui bahwa anak usia dini belajar membaca melalui telinga. Lagu-lagu diperdengarkan sebagai pengenalan awal bagi anak sebelum anak mengenal simbol huruf atau angka.

INDIVIDUAL SYSTEM

Individual SystemUntuk dapat menerapkan small step system tidak dapat dilakukan secara klasikal harus individual. Individual system adalah proses belajar yang berpusat pada anak sebagai subjek belajar, sedangkan guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Maksudnya??? Anak sebagai subjek belajar berarti kebutuhan dan hak anak benar-benar diperhatikan. Kebutuhan anak adalah bermain sedangkan belajar adalah HAK anak bukan KEWAJIBAN. Materi belajar diberikan dalam suasana menyenangkan yaitu dengan bermain.

Bermain di biMBA bukan bermain ayunan, perosotan ataupun jungkat-jungkit, tetapi  kegiatan apapun yang membuat anak senang itulah bermain. Suatu kegiatan disebut bermain apabila dalam melakukan kegiatan tersebut anak merasa senang, tidak merasa terpaksa ataupun terbebani.

Guru sebagai motivator artinya guru selalu memberikan semangat kepada anak melalui pemberian reward berupa penghargaan ataupun kata-kata positif. Guru sebagai fasilitator artinya guru memfasilitasi memberikan materi belajar sesuai kemampuan dan kemauan anak.

Apa perbedaan klasikal system dengan individual system???  Jika klasikal system semua anak pada saat yang sama mendapatkan materi yang sama. Jika individual system pada saat yang sama setiap anak mendapatkan materi yang berbeda sesuai kemampuan dan kemauan anak.

VARIATION SKILL

Variation skill adalah kemampuan guru dalam memvariasikan kegiatan belajar di dalam kelas. Kegiatan di kelas harus memenuhi 3 aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mengapa harus divariasikan? karena kecenderungan anak-anak adalah cepat bosan dan jenuh. Anak-anak tidak bisa dipaksa untuk berkonsentrasi dan duduk manis berlama-lama. Untuk itu kegiatan yang dilakukan anak harus divariasikan agar mereka tidak jenuh.



Tahap  Belajar  di biMBA-AIUEO

Proses pembelajaran dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dan perkembangan anak dengan menggunakan program yang telah kami susun. Program-program  tersebut diterapkan dengan menggunakan modul-modul khusus dan sistem pengajaran berdasar multiple intelligentsia.

Tahap 1

Mulai dari dibacakan cerita , permainan kata-kata sangat sederhana, mengenal huruf a ~ z sampai membaca kata-kata sederhana.
Mulai dari menyebut satu, dua dan tiga sampai membilang 1 sampai 10

Tahap 2

Mulai dengan membaca kalimat sederhana sampai dengan membaca dan mengerti cerita sederhana.
Mulai dari menjumlahkan 1+1 sampai dengan menjumlah 10+10

Tahap 3

Anak mampu menulis kata-kata sederhana melalui dikte yang diberikan.
Mulai dari pengurangan 2-1 sampai dengan 20-1

Tahap 4

Anak mampu menulis kalimat sederhana sampai membuat karangan pendek.
Logika matematika yaitu dengan menggunakan angka-angka anak diperkuat kemampuan analisa dan sintesanya.

Keren ya, dan kerennya lagi biMBA - AIUEO Lombok menerapkan sistem kelas kecil dimana seorang guru hanya mengajar atau membimbing 4-5 orang anak saja, dengan demikian belajar jadi lebih intens dan terkontrol. Dan durasi efektif belajarnya hanya satu jam. Yup, untuk menjaga mood belajar anak maka satu jam adalah waktu yang cukup efektif karena dunia anak sejatinya adalah dunia bermain dan bermain. Tapi biMBA - AIUEO memberikan jaminan anak bisa membaca dalam waktu 72 jam. 

Untuk orang tua yang masih belum yakin, biMBA  - AIUEO memberikan kesempatan untuk mencoba gratis sampai ortu benar-benar yakin. Keren ya!





Sertifikat biMBA AIUEO Bisa Digunakan Untuk Mendaftar Sekolah Dasar

biMBA AIUEO Lombok adalah sebuah program bimbingan Minat Baca dan belajar Anak. Mau ikut program biMBA AIUEO saja bisa, mau masuk playgroup atau TK sambil diselingi biMBA AIUEO pun bisa. Karena belajar di biMBA AIUEO Lombok tidak butuh waktu yang lama. Lalu bagaimana dengan ijazah? Tenang saja, karena usai menyelesaikan program di biMBA AIUEO Lombok para siswa akan mendapat sertifikat tanda kelulusannya yang juga dapat digunakan untuk mendaftar ke jenjang berikutnya, yaitu Sekolah Dasar.

Bagaimana? Asyik kan belajar membaca di biMBA AIUEO Lombok? Kalau masih penasaran, teman-teman bisa berkunjung dan bertanya lebih lanjut ke sana 🙂

biMBA AIUEO Lombok
BTN Graha Royal Jalan Madrid Raya No.29 Gunung Sari, Lombok Barat, NTB
Telepon: 0812-8070-7887
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community