May 11, 2017

Ada @debucung di Digital Preneur Genpi Lombok Sumbawa

Selasa, 9 Mei, bertempat di Rinjani Ballroom hotel Lombok Plaza Mataram NTB berlangsung kegiatan 'Workshop DigitalPreneur' yang adakan oleh GenPI (Generasi Pesona Indonesia) Lombok Sumbawa. Setelah segala macam proses persiapan akhirnya Workshop yang diikuti 50 peserta yang berhasil melalui tahap seleksi dari sekitar 350 lebih pendaftar online berlangsung dengan sangat baik. Peserta yang terpilih sebagian besar merupakan pelaku dan penggiat pariwisata. Ada travel agent, ada blog traveler, ada tour guide, dan selebihnya mahasiswa.


Ruangan Workshop di Lombok Plaza Hotel and Convention
 
Registrasi Peserta




Kerennya, Workshop Digital Preneur ini diisi oleh dua pemateri yang oke punya, Pemateri pertama namanya  Danie Satria (@danie_Satrio) dari  Kompas Gramedia, yang juga merupakan co-founder dari dari web demosHAI online yang juga udah belasan tahun di redaksional majalah favoritku sejak masih abege, majalah yang jama’ahnya adalah anak-anak muda dan orang dewasa berjiwa muda di Indonesia, apalagi kalau bukan Majalah HAI. Mas Danie berbagi ilmu lewat slide menarik serta pemaparan yang membuat saya dan peserta semakin antusias untuk menyimak dan bertanya, menariknya karena mas Danie berinteraksi langsung dari awal dengan peserta sembari memaparkan penjelasan dari slide demi slide. Intinya mas Danie mengajak para sosmed user untuk lebih aktif membranding kegiatan atau produk knowladge . Mengemas hal biasa dengan cara yang berbeda dan eyecatching dan yang terpenting memperbaiki kualitas karena seberapa kerennya promosi ujung-ujungnya gagal jika produk yang ditawarkan tak sesuai dengan yang dipromosikan. Munculkan value nya, historynya, dan jelas manfaatnya. Ilmu nya keren banget kan?


mas Donie Satria


Selfie dulu bareng femes people mehehehe

Setelah jedah makan siang dan sholat Zuhur, keseruan di ruangan kembali berlanjut. Kali ini semakin seru karena pematerinya adalah seorang Selegram terkenal di Lombok (mungkin juga se-Indonesia) dan founder dari akun Instagram ExploreLombok, Mas Ingga Suwadana. Dia mengawali presentasinya dengan “curhat” tentang kisah jatuh cintanya ia pada Lombok setelah sekian tahun meninggalkan Lombok, tanah kelahirannya. Karena kecintaannya ia menjelajah,  menemukan dan membagikan kisah serta foto perjalanannya di destinasi-destinasi cantik di Lombok lewat akun LombokExplorer yang ternyata menjadi akun yang Hits banget serta bisa dibilang menjadi kiblat dari akun-akun lain sejenisnya. Mas Ingga juga bercerita tentang dibalik layar Explore Lombok, berbagi trik dan tips me-manage sebuah akun social media yang menjadi lapak dari produk yang ingin kita pasarkan secara digital. Misalnya, bagaimana foto yang baik, bagaimana mengatur jadwal posting konten, bagaimana dia menjaga branding dan lain-lain. Mas Ingga juga mengajak peserta workshop untuk melakukan hal terpenting dalam setiap aktifitas kita yaitu menjaga kebersihan dengan tidak nyampah sembarangan. Betul sekali, karena salah satu problem besar yang kita hadapi bersama di setiap tempat adalah Sampah dan kurangnya kesadaran orang-orang untuk membuang sampah yang mereka hasilkan pada tempat yang benar. Padahal tidak membuang sampah sembarangan itu mudah banget tapi mempunyai efek yang amat sangat besar bagi keindahan, keseimbangan alam dan keberlangsungan parwisata.




Terkait masalah sampah, GenPI Lombok Sumbawa hari itu juga menggagas kegiatan selanjutnya yaitu Beach Clean Up di Pantai Malimbu dan Nipah, hari kamis, 11 Mei 2017 dengan tagline Populer aja Tidak Cukup. Mari bersama wujudkan Lombok yang bersih dari sampah.

Fyi, Saat ini sudah ada 8 (delapan)  propinsi yang memiliki Generasi Pesona Indonesia (GenPI) selain Lombok Sumbawa dan akan dikembangkan lagi di 14 propinsi lainnya di Indonesia. Wow! Dan kerennya GenPI Lombok Sumbawa bisa dibilang merupakan salah satu pioneer dan genPI contoh untuk daerah lainnya. Bangga!

Yuk, sama-sama menjaga alam kita dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengabarkan hanya hal-hal baik pada dunia lewat akun media sosial kita masing-masing.

Salam Pesona Indones. Wonderfull!!

Malam sebelum workshop, menyiapkan ruangan dan lain-lain. 

Mbk Jhe, The Leader of Genpi Lombok Sumbawa

Lombok Good Guide Team (@lopgoodguide)

Groupie bareng mas Donie

Selfi aja terus!






Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community