Jun 12, 2017

Gak Boleh Tua


Malam ini saya menyelesaikan beberapa pekerjaan di depan monitor. Quin dan Deeva bermain lego di belakang saya. Ibunya sudah tidur. Kami bertiga "khusuk" dengan kegiatan masing-masing. Tiba-tiba Quin menghampiri, memegang lenganku yang sedang mengetik.

"Ayah, kalau Uin SD nanti, ayah udah tua ya?" tanya nya tiba-tiba.

Aku berpikir, menebak-nebak apa tujuan dari pertanyaan tiba-tiba ini. Saya pun menjawab dengan hati-hati.

"Kalau kakak SD ayah masih mudah dong"

"Ooh..." katanya singkat, lalu kembali bermain.

Beberapa menit kemudian dia datang lagi dan bertanya lagi.

"Terus pas kapan ayah tua?“

Waah dia lagi mikir apa ya, batinku.

"Mungkin Ayah nanti mulai tua pas Kakak Kuliah, kenapa nanya begitu, sayang?"

Sebenarnya saya mau jawab, Ayahnya tua kalau dia sudah menikah dan punya anak tapi saya pikir jawaban itu akan menambah banyak pertanyaan aneh lainnya, jadi saya jawab pas kuliah aja hehehe.

"Ayah, Uin gak mau kuliah... " katanya pelan

"Lho kenapa?"

"Uin nda mau ayah tua, uin mau ayah begini aja.. Uin mau TK sama SD aja, ayah. Ayah nda tua kalau Uin SD kan?"  Tumben benar dia bicara tenang dan melow tapi seolah penuh kekhawatiran begini.

Dapat ide dari mana ya sampai mikir begini..

"Gini sayang, semua orang itu semuanya sama.. Lahir dari perut ibunya jadi Bayi, ayah juga dulu bayi, ibu juga dulu bayi, Nenek dan Apin juga dulu bayi terus tumbuh jadi besar... besaaaaar.. Tinggi... Tinggi... Terus ayah menikah sama ibu terus ada Quin sama Deeva di perut ibu, terus lahir jadi bayi terus tumbuh.. Nanti Uin dan Deeva juga jadi besar dan tinggi kayak ayah sama ibu terus Ayah sama ibu jadi tua kayak Nenek dan Apin.. Gitu sayang... "

"Tapi Uin nda mau ayah tua, uin mau ayah gini aja.. Uin nda mau sekolah nanti ayah tua.. "

Hahahaha.. Waduh!

"Ya udah, ayah ndak tua deh kalau begitu sampai kakak kuliah ayah nda tua ya, syaratnya kakak Quin sama Deeva harus jadi anak sholeha yang pintar dan baik ya.. "

" Iya ayah, tapi ayah jangan tua ya.. " katanya masih seperti berpikir keras 😂

"Siap, Tuan Puteri! Tidur yuk biar ndak cepat tua.. Ayah punya dongeng seru "

"Ayook ayook, ivaa ayok!"

Dan saya masih menyelidiki darimana dia dapat inspirasi bertanya seperti itu...








Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community