Jun 30, 2017

#JalanBareng ke Mata Jitu Waterfall, Pulau Moyo

Sumbawa memiliki beraneka pilihan destinasi wisata yang bisa kamu pilih, sebagian besarnya termasuk wisata adeventure karena sebagian destibasi memang butuh nyali dan semangat yang lebih untuk mendatanginya. Akses jalan yang menjadi tantangan utama karena memang destinasi-destinasi wisata yang ada di Sumbawa masih perawan semua, kamu tahu sendiri dong gimana susahnya menaklukan perawan hehehe. Tapi genks, semua sesuai dengan keindahan surga yang akan kamu temukan. Sumpah!

Jadi hari kamis kemarin (28/06) jelajahsumbawa.com ngadain #JalanBareng sekaligus kopdar dengan teman-teman follower instagram dan twitter @JelajahSumbawa, Mengingat selama ini belum ada kegiatan offline bareng jadi kemarin adalah saat yang tepat. Lewat social media kita mulai mengatur rencana, rembuk bareng dan akhirnya memutuskan untuk #jalanbareng ke Pulau Moyo. Pulau yang namanya mendunia, pulau yang menjadi idaman pesohor-pesohor dunia untuk berlibur dengan tenang dan nyaman.

Setelah melakukan open registrasi dan rembuk rencana perjalanan akhirnya terkumpul 15 orang yang berangkat dari jumlah awal 25an orang, tapi sisanya berhalangan dan beberapa telat datang yang terpaksa ditinggal karena udah kesiangan hehehe.


Bagaimana Ke Pulau Moyo?


Akses perjalanan ke Pulau Moyo bisa dibilang cukup mudah, kita bisa menyewa satu boat dengan tarif 1,5jt untuk pulag pergi eksklusif. Biaya segitu bisa jadi ringan dengan berangkat secara rombongan. Atau kamu bisa ikut perahu warga yang rutin mengantar warga dari Pulau Moyo berbelanja atau berjualan ke Pasar di Sumbawa, tentu dengan budget yang lebih minim sekitar 25-50 ribu saja. Tetapi kita tidak tahu pasti jam berapa perahu tersebut berangkat kembali ke Pulau moyo setelah semua penumpang berkumpul. BIsa jadi sekitar jam 11-12 siang. 

Selanjutnya kita akan menyeberang menuju pulau moyo dari dermaga Pantai Jempol, Labuhan Sumbawa selama lebih kurang dua jam, dengan arus yang cukup membuat teman-teman yang ikuta kemarin pucat hehehe, kalau saya mah santai aja selama yang pegang kemudia juga asik bersedandung ria.

Dari dermaga Labuan Aji di Pulau Moyo kita sudah memasuki titik awal dari petualangan kita di pulau Moyo. Nanti kalian akan di dekati oleh bapak-bapak yang tugasnya menjelaskan tentang  bagaimana menuju air Terjun Mata Jitu. Di Part ini, level gak-sabar-pengen-liat-mata-jitu saya dan teman-teman sudah  hampir memuncak, penasaran yang hampir terjawab itu memang membuat gelisah dan membuat kita berpikir cepat(baca: berpikir pendek), si bapak menjelaskan untuk ke air Terjun ada dua pilihan, pertama Trekking alias jalan kaki sejauh 7 kilometer  dengan medan yang landai berbatu, atau naik ojek dengan biaya dewa 100 ribu rupiah. Rinciannya 30 ribu untuk biaya pengunjung masuk, 70 ribu untuk si tukang ojek.  Tadinya kami sepakat mau seru-seruan jalan kaki tetapi mengingat jarak yang cukup jauh dan waktu yang terbatas akhirnya kami harus merelakan uang kami 100 ribu untuk naik ojek. No Problem!

Medan menuju Air Terjun Mata Jitu tidak bisa dibilang aman dan baik, lebih tepat disebut ekstrim karena sebagian besar jalannya rusak parah.  Rabat yang berlubang disana sini, batu-batu curam di tengah jalan bisa berbahaya untuk tukang ojek dan penumpangnya, apalagi dengan kecepatan yang tinggi. Selama perjalanan saya terus, berdoa semoga tidak jatuh dan juga kesal kenapa jalan menuju destinasi wisata yang terkenal di seluruh dunia ini seperti ini?  Beruntungnya saya terlibat obrolan yang asik dengan driver ojek saya yang bernama Aldi, siswa kelas 1 salah satu SMA di Kota Sumbawa. Yang akhirnya agak menekan sedikit panik karena jalanan yang ekstrim. Tak sampai 10 menit jarak 7 kilometer berhasil kami lewati, setelah itu tinggal jalan sekitar 200-300 meter sebelum sampai tujuan besar kami hari itu ; Mata Jitu!

Fakta Pulau Moyo

Pulau Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara
Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671
meter, dan garis pantai 88 km. Menjadi sangat terkenal setelah mendiang Lady Diana memilih Pulau Moyo sebagai tempat berbulan madu bersama Pangeran Charles. Sejak saat itu Pulau Moyo menjadi tujuan para pesohor dunia yang ingin berlibur dengan tenang dan nyaman, berikut fakta-fakta tentang Pulau Moyo :

1. Wisata Alam Komplit

Memilih berwisata ke pulau Moyo berarti kamu telah memilih paket hemat karena sekali jalan kamu akan menikmati wisata pantai, hutan, dan air terjun sekaligus bahkan kamu juga bisa berwisata kuliner khas Sumbawa di Pulau Moyo. Dengan luas 350 km2 pulau Moyo terdiri dari Lautan, Perkampungan, Hutan Tropis, Air Terjun dan juga terdapat taman buruh. Gimana gak jadi idaman kan?

2. Tempat Wisata yang Aman

Komitmen utama warga di Pulau Moyo untuk menjaga wisatawan yang berkunjung agar tetap merasa aman dan nyaman dari gangguan apapun. Maka tidak heran jika setiap orang yang berkunjung ke pulau moyo selalu merasa puas dan ingin kembali lagi dan lagi. Sejak awal, belum ada kasus atau kejadian buruk yang menimpa wisatawan yang disebabkan oleh tindak kejahatan manusia. Semoga terus seperti itu selamanya ya. Lokasi pemandiannya pun sangat nyaman dan aman, hampir seperti kolam pribadi, tanpa limbah dan kotoran.

3. Surga Para Diver

Pemandangan bawah laut Pulau Moyo tidak bisa diraguka lagi. Segala macam jenis biota laut berkembang dan tumbuh dengan baik yang menawarkan keindahan luar biasa. Aneka ragam anemon laut, belut, bahkan kawanan pari manta dapat ditemui di laut pulau ini.

4. Spot Trekking untuk semua Usia

Dari anak-anak sampai lansia bisa mencoba trekkig menuju Air Terjun Mata Jitu. Medan jalan kali yang aman dan tidak berbahaya karena tidak ada tanjakan yang berarti atau jurang yang menanti. Medan tesebut berhaya jika menggunakan sepeda motor dengan kecepatan tinggi oleh driver yan tidak handal.

5. Tempatnya Sunset Sempurna.


Saat sore menjelang jangan lewatkan pemandangan menakjubkan ketika
matahari mulai tenggelam di tengan lautan. Dikatakan sempurna karena
matahari akan terlihat bulat sempurna ketika berada di ujung ufuk. Garis
pantainya yang elok akan menjadi bingkai sempurna bagi senja yang indah.

6.Pilihan Liburan Pesohor Dunia

Sebut saja Lady Diana, Pangeran Charles, David Bowie, Mick Jager, Rain, Kim Tae Hee, Edwin van Der Sar, David Beckham, dan si cantik Maria Sharapova juga pernah menghabiskan waktu di Pulau Moyo. Pesohor dalam negeri pun tak mau kalah, sebut saja Nikita WIlly, Marshanda, dan beberapa lainnya juga memilih Pulau Moyo sebagai tempat refreshing yang tepat.


Dengan segal anugerah yang diberikan oleh Allah, tentu kita harus bersyukur dan menjaga Pulau Moyo dari segala image negatif  seperti masalah keamanan dan samah, karena hal tersebut akan selalu menjadi tantangan bagi pariwisata dimanapun di Indonesia.



















 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Berkicau

Community