Sep 6, 2017

Cara Mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos Takakura


Sampah. Entah karena apa, belakangan masalah sampah menjadi masalah yang benar-benar memperihatinkan di dunia khususnya di Indonesia. Kalau diperhatikan baik-baik memang beberapa faktor menjadi penyebab masalah sampah menjadi serius. Pertama, Pertambahan jumlah penduduk, kedua, semakin banyaknya makanan instan dengan kemasan plastik, ketiga, Habit manusia yang semakin kesini semakin merugikan lingkungan.

Sebenarnya masalah penduduk terus bertambah tidak akan menjadi pemicu masalah sampah menjadi parah JIKA semua memiliki habit yang baik dalam menyikapi sampah. Kebiasaan membuang sampah sembarangan, kebiasaan mengkonsumsi makanan instan dalam kemasan, hingga pada kebiasaan membuang sampah tanpa memilah antara sampah organik dan non organik padahal ini sangat penting. Sampah organik bisa dimanfaatkan untuk kompos sementara sampah non organik bisa di daur ulang menjadi barang yang baru dan bernilai. Sayangnya masih butuh usaha keras untuk mengubah habit ini.

Beruntung saya mengenal mbk Aisyah Odist seorang yang mencintai lingkungan bukan hanya dengan kata-kata tetapi dengan sikap dan aksi nyata. Lewat mbk Aisyah dan Bank Sampah Mandiri NTB nya saya mengenal berbagai macam cara mengolah sampah, baik organik maupun non organik. Di tangan mbk Aisyah tak ada sampah yang tak berguna. Semua berguna bahkan bernilai jual tinggi. 

Sampah non organik (plastik, botol, dll) di olah menjadi beragam barang-barang seperti tas, dompet, pot, dan sebagainya. Saya akan membuat satu postingan lain untuk membahas sampah non organik di tangan mbk Aisyah, termasuk ide membuat Eco Brick yang menjadi solusi tepat untuk masalah sampah Plastik karena sekarang saya akan membahas dan membagi tips bagaimana mbk Aisyah mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos Takakura yang amat baik untuk semua tanaman.

Sebelumnya kenalan dulu dengan kompos Takakura tersebut. Jadi, Apa itu Kompos Takakura?

Teknik pengomposan takakura adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membuat pupuk kompos yang dikhususkan dari hasil limbah dapur seperti sisa sayur sayuran hijau dari dapur. Teknik pembuatan kompos takakura ini pertama kali dikenalkan oleh seseorang berkebangsaan jepang yang bernama Mr. takakura. Awalnya Mr. takakura sedang mencari cari jalan keluar terhadap menumpuknya sampah sampah organik yang belum sepenuhnya dimanfaatkan, hanya dibuang dan menggunung di tempat pembuangan sampah akhir, sampai pada akhirnya timbul lah sebuah ide untuk memanfaatkan sampah dari limbah rumah tangga tersebut untuk dijadikan pupuk kompos organik.


Secara sederhana membuat kompos Takakura adalah kita "memelihara" bakteri pengurai yang selanjutnya dimanfaatkan untuk mengurai sampah organik dengan cepat, higienis dan ramah lingkungan. 

Kompos Takakura bisa menjadi solusi tepat untuk masalah sampah organik, karena keganasan bakterinya bisa dengan cepat mengurai sampah organik menjadi kompos yang sangat baik untuk segala jenis tanaman. Bayangkan jika semua orang mengolah sampahnya dengan metode Takakura, masalah sampah yang selama ini memusingkan bisa menemukan solusinya dan sekaligus menjadi pilihan pupuk kompos ramah lingkungan dan bermutu bagi para pecinta tanaman. 

Satu hal penting yang harus diingat jika ingin mengolah sampah menjadi kompos Takakura adalah pilah dan pisahkan tempat untuk sampah organik (sampah dapur seperti sayur, buah, ikan, ayam, dll) dan sampah non organik (plastik dll) supaya lebih mudah ketika kita ingin mengolah keduanya.

Nah di bawah ini saya sediakan tiga video turorial Cara Mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos Takakura. Video sederhana ini saya buat langsung di Bank Sampah Mandiri NTB bersama mbk Aisyah dan teamnya beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat dan semoga masalah sampah di Indonesia dapat teratasi dengan cara ini. Sudah waktunya mengubah sampah menjadi berkah...



Part 1



Part 2



Part 3

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Wah..keren nih jie. Saya belum pernah lihat proses membuat kompos ini. Untung sempat divideokan yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 semoga bsa bareng kesana ya mbk andy

      Delete

Berkicau

Community