5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sholat di Islamic Center NTB

Siapa diantara pembaca blog ini yang sering sholat di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB? Memang, sejak berdiri tahun 2015 lalu Islamic Center NTB seakan memiliki magnet yang selalu menyedot perhatian siapa saja di Lombok maupun di luar Lombok. Bukan tanpa alasan, bangungan yang memiliki lima menara ini adalah bangunan termegah saat ini di Nusa Tenggara Barat. Segala sisinya memiliki daya pikat tersendiri dan zaman now tak ada tempat bagus yang lolos dari keperluan seflie (selfie keperluan? iya kayaknya). Bangunan megah ini dibangun dengan desain yang khas, mulai dari ukiran-ukiran hingga warnanya disesuaikan dengan identitas Lombok dan Sumbawa. Misalnya ukiran-ukiran di sepanjang koridornya, jika diperhatikan maka kita akan melihat bentuk dedaunan dan sulur yang sambung menyambung antara satu dengan yang lain. Nah, itu adalah daun kangkung Lombok yang terkenal hingga ke mancanegara itu. Warna-warna bangunannya pun demikian, warna yang dipakai adalah warna yang umumnya sering dipakai oleh masyarakat Lombok sebagai pilihan warna rumah atau masjid-masjid. Masuk ke dalam ruangan tempat sholat, kita akan dibuat ternganga-nganga melihat kemegahan dan keunikan design interiornya. Di tengah-tengah ruangan tergantung hiasan besar yang menyerupai potongan-potongan simetris buah naga putih eh lebih mirip keju sih dengan lubang-lubang pada tiap lempengnya. Pernah saya bertanya kuat banget ya sling nya nahan hiasan itu? Setelah di jelaskan ternyata bahannya bukan dari bahan yang berat melainkan dari styrofoam padat yang ringan. Fungsi utama nya adalah agar suara tidak menggema di bawah kubah. Jika tidak ada itu maka suara imam tidak bisa sampai ke makmum paling belakang. Selain itu juga di hiasan itu di lapisi kain tenun Sasak yang sekali lihat kita akanlangsung familiar kayak pernah liat di mana gitu, iya pasti sering liat di toko ole-ole atau di pakaian adat Lombok. Intinya semua sisi masjid ini tidak akan selesai kita pelajari satu persatu dalam satu waktu sholat. Mungkin harus seharian berada di sana baru bisa lengkap melihat-melihat setiap sudutnya. 


Saya sendiri menjadikan masjid ini sebagai tempat favorit untuk sholat berjamaah. Sebisa mungkin sholat disini entah itu sholat lima waktu atau sholat jumat, paling sering sholat zuhur karena pulang kerja bisa langsung mampir disini. Juga hari jumat. Tetapi kadang-kadang kalau telat datang sholat jum'at tiga lantainya full terisi, jadi kadang-kadang saya dapat sholatnya di lantai dasar atau kadang di lantai tiga. Di lantai utama (lantai 2) pasti padat kalau telat datang. Selepas sholat selalu enggan rasanya untuk beranjak. Suasana damai dan sejuk selalu ingin menahan lebih lama untuk duduk, berjalan-jalan keliling atau tidur hehehe. Saya sendiri sering menghabiskan waktu untuk duduk-duduk sembari merenung tsaaah

Baiklah, simak beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah sholat di Islamic Center NTB.

1. Zikir dan Tilawah setelah sholat


Ini perlu banget dong. Setelah selesai sholat berjama'ah di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center paling bagus dan paling saya rekomendasiin sih duduk dulu untuk zikir, tilawah atau berdoa. Selain memang dianjurkan untuk melakukan itu semua setelah sholat, atmosfer Hubbul Wathan juga sangat mendukung. Hampir semua sebagian orang melakukan hal yang sama, zikir tilawah dan berdoa, hal ini bisa bikin kita semacam gak mau kalah sama  mereka, kita juga bisa hahaha akhirnya ikutan zikir dan tilawah atau berdoa dengan khususk dan niat yang lurus pastinya.

2. Take Pictures


OK, meski sudah entah berapa kali sholat di Islamic Center sejak hari pertama buka, belum pernah ada rasa bosan untuk memotret bagian-bagiannya. Tangan selalu tidak bisa diam untuk tidak memotret. Wajar karena Islamic Center ini memang instagramable, bahkan foto selfie pun bisa bagus hasilnya. Jika kamu bosan memotret bangunannya, coba deh memotret aktivitas orang-orang yang datang dan pergi ke Islamic Center, pasti tidak akan bosan.

3. Bikin Video


Nah ini yang selalu menarik untuk di kerjakan abis maupun sebelum sholat mulai. Saya paling suka bikin timelapse dan slow motion video. Paling suka ketika masjid masih sepi terus pelan-pelan mulai ramai dan penuh atau sebaliknya ketika sholat Jum'at selesai, saya memasang kamera dari atas, membiarkan kamera merekam sendiri video timelapse, say lanjut berdoa. Lepas berdoa, ruangan masjid sudah sepi saya mematikan rekaman. Hasilnya mantab, orang-orang yang tadinya duduk rapi, lalu mulai bangun dan berjalan keluar sampai menyisakan satu dua orang di dalam ruangan. Videonya nyusul ya, belum pernah di edit dan di upload.

4. Ngobrol dengan Orang Baru


Ini menantang tapi sesekali bolehlah mencoba. Insyaallah bermanfaat bisa menambah teman dan ilmu, paling tidak ada informasi baru atau punya teman baru. Kenalan nya di masjid pula. Mau cewek atau cowok bolehlah asalkan kalau cewek kangan di dalam masjid dong, atau jangan berduaan. Gak baik. Paling bagus kenalan dengan niat menambah teman, menambah ilmu. Apalagi kalau teman ngibrol kita lebih senior wah pasti bakal dapat banyak ilmu. Menambah saudara, siapa tau kelak bisa saling bantu dalam banyak hal.

5. Beli Es Cendol


Sepulang Jum'atan atau sholat zuhur cuaca biasanya panas. Nampaknya ibu-ibu penjual es cendol bakulan ini faham banget peluang ini. Dengan senyum bersahaja mereka duduk berbaris di sudut koridor bangunan depan Islamic Center menunggu Jama'ah sholat Jum'at atau sholat Zuhur selesai sholat. Benar saja, orang-orang langsung mengerubungi si ibu, mengantri Es cendol penghilang haus. Es cendol semacam ini dulu sering minum tiap jumat juga waktu kuliah. Sepulang Jum'atan ibu-ibu penjual es cendol selalu mendatangi kost untuk berjualan. Jadilah menu rutin tiap abis jumatan makan es cendol. Nah untuk es cendol di islamic center kalian bisa baca detailnya yang di bahas teman saya Lazwardy Journal. Cek deh..

Jadi itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan selepas sholat di Masjid Hubbul Wathan islamic Center NTB, bagunan terbesar di NTB versi bang Ajie. Kalau ada hal yang lain menurut kamu, silahkan tulis di kolom komentar. Free!



Share:

4 comments:

Featured Post

Tips Traveling Musim Hujan di Lombok

“There’s no such thing as bad weather, only unsuitable clothing” Indonesia memiliki dua musim yang kontras satu sama lainnya. Musim Huja...

Instagram @herjunotajie sini

Blog Archive