Tips Traveling Musim Hujan di Lombok


“There’s no such thing as bad weather, only unsuitable clothing”
Indonesia memiliki dua musim yang kontras satu sama lainnya. Musim Hujan dan musim kemarau. Musim Hujan biasanya di mulai sejak bulan Oktober hingga bulan Maret dengan intensitas hujan yang kadang-kadang tinggi dan kadang rendah, cenderung tidak menentu dan tergantung tingkat kelembaban suatu daerah. Sementara musim kemarau dimulai April hingga November dengan tingkat panas yang juga tergantung wilayah, misalnya wilayah Indonesia Timur dan tengahnya biasanya lebih panas daripada wilayah Indonesia bagian barat.

Dua musim ini jelas mempengaruhi keadaan alam suatu daerah. Wilayah NTB bagian timur misalnya. Sumbawa dan Bima ketika musim kemarau suhunya bias naik mencapai 30 derajat Celcius, ini menyebabkan sebagian besar wilayah Sumbawa, BIma dan Dompu mengalami kekeringan yang ditandai dengan menguningnya bebukitan, padang sabana, dan area persawahan kosong karena tak mendapat pasokan air. Tapi ketika musim hujan tiba tiba-tiba saja semua menghijau dengan indahnya. Bukit-bukit sabana kembali hijau ranum. Sepanjang jalan menuju destinasi terlihat sawah-sawah yang sedang dan telah ditanami padi. Hijau sejauh mata memandang.

Lalu bagaimana jika hujan sepanjang hari? Apa yang harus kalian lakukan untuk tetap menikmati liburan di Lombok? Simak tips di bawah ini.

1.       Belajar Seni dan Crafts
Traveling ke Lombok dengan itinerary yang sudah mantap eh tiba-tiba hujan? Jangan sedih. Kamu cukup memindahkan sedikit jalur di itinerary kamu ke Pasar Seni dan Kerajinan tangan banyak di Lombok. Diantaranya, Pasar Seni Senggigi, Pengrajin gerabah di Banyumulek, Pengraji Ketak di Lingsar, Melihat-lihat pengrajin Cukli, Melihat ibu-ibu penenun kain sasak di Sukarare dan lainnya. Di jamin waktu kamu tidak akan terbuang percuma saat menunggu hujan yang tak kunjung berhenti.

2.       Belanja Ole-ole
BIsa jadi dalam itinerary perjalanan kamu belanja ole-ole adalah yang terakhir akan kamu lakukan tapi jika hari hujan dan tak kunjung berhenti kenapa tidak kamu tawarkan ide ke guide mu untuk belanja ole-ole dulu sambal menunggu hujan reda. Ada banyak sekali took ole-ole yang bias kamu datangi baik di dalam kota Mataram maupun di pinggiran kota atau di wilayah lainnya di Lombok. Banyak dan yang pasti bebas hujan deh.

3.       Ngopi di Café
Well, hujan dan kopi adalah dua hal yang pas. Saling mengisi satu sama lain. Seperti dua hal yang klop membuatmu nyaman dan rileks. Dinginnya udara saat hujan dinikmati dengan hangatnya kopi dengan wangi khasnya biasanya membuat berbagai macam inspirasi datang dan siap untuk dituangkan dalam bentuk puisi, tulisan atau lagu. Apalagi kalau kamu seorang bloger atau penulis. Hujan dan kopi adalah teman paling setia. Travelingmu tak lagi mainstream ketika ada karya yang tercipta kala hujan.

4.       Wisata Kuliner
Salah satu pilihan yang tak pernah salah ketika hujan membuatmu tak bias melanjutkan perjalanan adalah wisata kuliner. Ada banyak tempat makan enak baik traditional food maupun modern food di Lombok. Tinggal googling lokasi tempat makan, pesan trasportasi online. Cuss! Hujan tak lagi membuatmu stuck di satu tempat dan rasa bosan

5.       Kunjungi Museum
Kebanyakan traveller yang ke Lombok lupa (atau tidak tahu) kalau di Lombok ada museum yang keren banget. Museum NTB kalian bias melihat segala macam hal tentang Lombok, Sumbawa, Bima dan Dompu. Mulai dari adat, budaya, info penting, peninggalan-peninggalan kerajaan masa lalu dan banyak hal lainnya yang bias kalian lihat di Museum NTB. Hujan jelas tak akan mengganggumu karena pasti asik mempelajari NTB lewat koleksi-koleksi di museum. So, travelingmu tak akan terganggu karena hujan.

6.       Ke Desa Wisata
Tempat paling seru untuk main hujan itu adalah di sawah. Nah, kenapa kamu tidak mencoba bermain hujan di sawah-sawah desa wisata? Desa wisata di Lombok tidak hanya desa wisata yang memperlihatkan kehidupan sehari-hari masyarakat adat lho, ada juga desa wisata yang menawarkan nuansa alami desa dengan sungai-sungai, sawah-sawah, spot-spot selfie unik yang bias kalian datangi. Salah satu desa wisata yang bisa kalian datangi dan bermain hujan adalah Desa Wisata kerujuk. Alamnya yang sangat alami dengan hamparan sawah serta spot-spot unik sangat pas untuk kamu lewatkan dengan bermain air alias mandi hujan bersama-sama. Pasti seru!
Kalau tidak mau mandi hujan di desa wisata kamu bisa menikmati hujan dengan ngobrol di Berugak sambil menikmati kopi khas desa wisata juga penganannya yang enak. Mantab kan?

7.       Mandi Hujan di Pantai
Terus gimana kalau sudah sampai pantai tiba-tiba hujan? Ya udah tinggal nyebur aja dan mandi hujan di pantai. Sensasinya pasti lebih seru apalagi kalau mandinya ramai-ramai tapi sebelum mandi hujan di pantai pastikan dulu beberapa hal seperti hujannya terlalu deras atau tidak, badai atau tidak dan yang paling penting jangan mandi hujan di pantai yang ombaknya besar. Selalu utamakan keselamatan yang guys!

8.       Staycation
Hujan deras seharian? Bukan masalah. Kamu bisa menikmati staycation kamu di hotel dengan menikmati setiap sudut hotel tempatmu staycation. Yakin, pasti banyak hal yang bisa kamu nikmati selama kamu mau berjalan berkeliling hotel atau penginapan, ngobrol dengan orang-orang di sekitar hotel tentang hal-hal ringan dijamin akan memberimu informasi baru tentang hotel atau penginapanmu juga tentang Lombok. Jangan malu untuk membuka pembicaraan dan jangan lupa tulis review untuk hotelnya ya guys

9.       Join Kelas Yoga
Hujan membuat rencanamu berenang ke pantai batal? Dari pada bengong mending ikut kelas Yoga aja. Di Lombok khususnya di Kota Mataram sudah banyak tempat yoga yang bisa kamu datangi. Selain kopi yoga disaat hujan bisa membuat kamu  lebih rileks, tenang, dan yang pasti bikin kamu lebih sehat.

10.   Ke Bioskop
Kalau lagi hujan deras seharian dan hujannya fix bikin rencana traveling kamu tertunda, kenapa gak ke bioskop aja? Cek cek aplikasi cinema untuk melihat film yang sedang tayang. Menonton bioskop selain menghibur, bisa banget untuk membunuh waktu. Mau sendiri atau bareng teman nonton film di bioskop selalu menyenangkan. Iya kan?

Karena hujan itu adalah rahmat, jangan mengeluhkan hujan dan seharusnya hujan bukanlah penghalang untuk traveling, banyak hal yang bisa kita lakukan walaupun hujan sepanjang hari dan yang pasti but don’t forget “safety first”.



Share:

3 comments:

  1. Berenang d laut ketika hujan itu enak, airnya hangat

    ReplyDelete
  2. wisata kuliner yang anget anget dan pedes pedes, pas deh

    ReplyDelete
  3. Klo hujan enaknya ke daerah perbukitan temuin si kabut hehehe

    ReplyDelete

Featured Post

Tips Traveling Musim Hujan di Lombok

“There’s no such thing as bad weather, only unsuitable clothing” Indonesia memiliki dua musim yang kontras satu sama lainnya. Musim Huja...

Instagram @herjunotajie sini

Blog Archive