Wonder (2017), I Love This Movie So Much!

Tulisan ini saya tulis beberapa menit setelah menonton Film Wonder (2017) ini. Sejak awal saya tidak tahu ini film bagus. Maksudnya saya tidak benar-benar tahu bercerita tentang apa film ini karena tidak pernah membaca sinopsis atau menonton trailer sebelumnya. Satu-satunya hal yang membuat saya ingin menonton adalah karena ratingnya yang tinggi di sebuah situs, kebetulan sedang ingin nonton malam ini. Jadilah saya menonton. Sendiri. 

Satu kalimat setelah saya menonton film ini : I Love this movies so much!



So mari baca sedikit review tentang film Wonder (2017) yang ternyata adalah film yang harusnya nonton sejak awal tayang. So Inspiring.

Mari memulai dengan Sinopsinya terlebih dahulu. 
Film ‘Wonder’ ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama August Pullman (Jacob Trembley) yang biasa dipanggil Auggie,  terlahir dengan kelainan bentuk wajah yang sangat langka, yang dikenal sebagai ‘mandibulofacial dysostosis, yang kemungkinan merupakan sindrom Treacher Collins.

Jelas hal itu membuat Auggie minder, dan menghindar untuk masuk ke sekolah umum. Selama operasi wajah, Auggie belajar di rumah dengan metode homeschooling oleh ibunya, Isabel (Julia Roberts) yang sejak Auggie lahir ia memilih fokus mengurus Aunggie sepenenuhnya bahkan hal ini membuat Olivia yang biasa dipanggil Via merasa tak diperhatikan oleh ibunya. Namun karena rasa sayangnya pada adiknya Auggie, Via selalu menjadi gadis yang pengertian.

Namun ketika Auggie mendekati usia remaja, saat duduk di kelas 5 sekolah dasar, Isabel dan Nate (Owen Wilson) kedua orangtua Auggie memutuskan memasukan Auggie ke sekolah swasta bernama Beecher Prep.

Awalnya Auggie dikucilkan oleh hampir semua siswa Beecher Prep. Namun ia dapat berteman dengan seorang siswa bernama Jack Will (Noah Jupe) dan mereka semakin akrab walaupun ditengah-tengah perjalanan mereka sempat salah faham dan bubar. Auggie harus membuktikan dirinya sama seperti anak lainnya, meskipun anak-anak lain tidak menyukainya.

Mampukah Auggie melakukannya? Meyakinkan siswa-siswa lainnya bahwa dirinya adalah sama seperti mereka, hanya saja dirinya tidak memiliki wajah yang indah. Bagaimanakah perasaan orang tua Auggie, terlebih Isabel, mengetahui putranya sulit diterima oleh teman-temannya?

Thats the sinopsis! Hampir semua pemeran film ini membawa "tugas" penting untuk menyampaikan pesan untuk penontonya. Tak ada peran yang sia-sia. Semua memberikan pelajaran yang mengena dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Tentang bagaimana orang tua yang merupakan kekuatan utama seorang anak untuk bisa menghadapi dunia. Orang tua adalah tarikan anak panah sebelum meninggalkan busur yang adalah rumanya. Dukungan orang tua mampu mengubah dunia seorang anak, bahkan anak dengan cacat pada wajah seperti Auggie. Auggie menjadi sosok anak yang kuat dan cerrdas karena memiliki orang tahu yang faham apa yang harus mereka lakukan. 

Sebaiknya saya juga menceritakan tentang sosok-sosok lain dalam film ini yang turut membawa pesan manis kepada penonton. Pertama, sosok kepala Sekolah yang bertama Mr. Tushman, sejak awal bertemu dengan Auggie pak kepala sekolah ini berhasil membuat Auggie tertawa dan merasa bahwa sekolah umum ini adalah baik untuknya. Mr. Tushman adalah seorang kepala sekolah yang bijak dan tegas. Ada saat ketika ia harus membuat surat skors untuk Jack Will karena memukul Julian yang mengolok Auggie, Mr, Tushman memberikan pujian dan semangat untuk Jack lewat surat yang ia tulisa tangan sendiri. JAck telah melakukan hal yang baik meski memukul orang lain itu tetap tidak bisa dibenarkan maka ia tetap harus di skors dua hari. 

Jack Will sosok anak baik yang mudah bergaul dengan siapa saja. Dari tampang saja Jack Will menang banyak dari semua teman-temannya. Jack adalah teman pertama Auggie yang selalu membelanya dan meninggalkan genk awalnya karena mereka tidak suka pada Auggie. Jack adalah penerima beasiswa yang menuntut dirinya harus bersikap baik setiap saat. Pelajarannya, kadang hal baik itu harus dipaksa agar terbiasa. Begitulah JAck menjadi anak baik bukan hanya karena beasiswanya. Ia menjadi teman yang baik karena memang Auggie anak yang baik, cerdas dan lucu. Selanjutnya perjalanan mereka tetap manis meski banyak drama.

Isabel dan  Nate adalah orang tua yang luar biasa untuk Auggie dan kakaknya Via. Dukungan tak pernah berhenti diberikan kepada mereka. Ortu idaman banget dah. Tak mudah menjadi orang tua Auggie karena harus tetap memberikan semangat agar Auggie percaya diri. Karena fisiknya yang tak sempurna Auggie gampang sekali menjadi rendah diri. Selalu curiga segala sesuai menjadi masalah karena dirinya sampai akhirnya Via menyadarkan Auggie bahwa dunia ini bukan hanya tentang dirinya dan kelainannya. 

Secara keseluruhan film ini mengajarkan kita bahwa ada hal-hal yang trjadi dan tidak bisa kita ubah. Ada hal-hal buruk (menurut kita) yang diberikan Allah pada kita padahal padanya diberikan banyak makna, pelajaran dan hadiah untuk kita. Hanya saja kita sering lebih dahulu menyerah pada keadaan dan tak percaya pada kekuatan diri. Kita tidak bisa terus menerus mengatakan si ini pesek, si itu hitam dan sebagainya karena dia sendiri tidak bisa memilih ia akan lahir seperti apa. Film ini mengajarkan kita untuk tidak mempermasala hal-hal semacam itu karena hidup adalah tentang bagaiaman bersikap baik, jujur, menghormati orang lain dan menjadi yang terbaik bagi diri sendiri dan dunia. JIka disuruh memilih menjadi baik atau benar maka pilihlah menjadi baik. Maka kebaikan akan mengelilimu.


Quotes? Oh Pasti.. Ini Dia Quotes yang menggetarkan hati ketika menonton film Wonder (2017) ini. 

1. “Meeting kids is harder than meeting adults.” – Auggie played by Jacob Tremblay

2. “You can learn a lot about people by looking at their shoes.”  – Auggie

3. “I know I’m cool but technically most dads aren’t.” – Nate

4. “You’re going to feel like you’ve all alone but you’re not.” – Nate

5. “Dear God please make them be nice to him.” – Isabel (Ibu-ibu harus sering berdoa gini nih!)

6. “If you don’t like where you are, picture where you want to be.” – Auggie

7. “Who do I aspire to be?  That’s the question we should be asking ourselves all the time.” – Auggie’s teacher Mr. Browne

8. “When given the choice between being right or kind, choose kind.” – A precept taught by Mr. Browne in class

9. “You are not ugly Auggie… Because I’m your mom it counts the most because I know you the most.” – Isabel

10. “You can’t blend in when you were born to stand out.” – Auggie’s sister Via, played by Izabela Vidovic

11. “We all have marks on our face.  This is the map that shows where we’ve been and it’s never, ever ugly.” – Isabel

12. “What evil man created dodgeball?” – Auggie

13. “School sucks and people change and those are the rules.” – Via

14. “Your deeds are your monuments.” – Another precept taught in Mr. Browne’s class

15. “Good friends are worth defending.” – School principal Mr. Tushman, played by Mandy Patinkin

16. “Real friends are hard to find.” – Auggie

17. Parents of a soon-to-be suspended student said, “We have a lot of friends on the school board.”  Tushman answered, “I have more.”

18. “Auggie can’t change the way he looks.  Maybe we can change the way we see.” – Tushman

19. “Auggie, I am proud of you for sticking it out.” -Nate

20. “I know you don’t always like it but I love it.  It’s my son’s face.  I want to see it.” – Nate

21. “Thank you for making me go to school.” – Auggie to his mother

22. “You are a wonder Auggie.  You are a wonder.” – Isabel

23. “Greatness is not being strong but using strength to carry the most hearts.” – Tushman

24. “We all need a standing ovation at least once in our life.” – Auggie

25. “Be kind for everyone is fighting a hard battle.  Be kind.” – Auggie

26. “It’s not enough to be friendly. You have to be a friend.”

Once again, this movie is fabulous.  Everyone, especially kids, should see it. Harus!!

Cast!:















Share:

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Tips Traveling Musim Hujan di Lombok

“There’s no such thing as bad weather, only unsuitable clothing” Indonesia memiliki dua musim yang kontras satu sama lainnya. Musim Huja...

Instagram @herjunotajie sini

Blog Archive