Wifi Tak Terjangkau? Ini Dia Cara Setting Modem untuk Access Point di Rumah

Mungkin ini bukan informasi baru tapi kebiasaan saya ketika baru saja melakukan sesuatu hal yang baru yang tadinya saya anggap sulit adalah menuliskannya di blog sebagai sebuah tutorial sederhana. Siapa tahu bisa berguna bagi yang belum tahu. Kayak saya pada awalnya tidak tahu lalu mencari tahu dan ya dapat tahu bukan tempe hehe.

Kali ini saya akan sharing bagaimana Cara Setting Access Point internet Indiehome di rumah kamu. Berawal dari susahnya dapat sinyal wifi di rooftop akhirnya saya mencari tahu bagaimana membuat akses poinnya. Sebenarnya tahu akses poin udah lama sih cuma praktek belum pernah dan bagaimana setting access point juga belum pernah jadi saya googling lah. Ternyata banyak panduannya di google. Ya udah akhirnya saya rangkum sesingkat dan sejelasnya untuk kamu. iiyaaa kamuuuu...

Oke, Kita mulai ya.. Bismillah..

Pertama, alat dan bahan. 


- Modem Induk (Bawaan Indiehome)
- Modem untuk akses poin (saya pakai modem TP Link)

Kedua, Ketahui fungsi modem masing-masing dulu.


Jadi gini, modem induk itu fungsinya kita sudah sama-sama tahu untuk menyebarkan sinyal wifi ke seluruh penjuru rumah. Nah kadang kan ada sudut-sudut tak terjangkau oleh sang modem induk misalnya yang rumahnya lantai dua, atau halaman depannya jauuuh dari sumber modem jadi kalau lagi di halaman ga dapat sinyal, atau kamu mau online di rooftop sambil menatap bintang tapi gak kebagian sinyal wifi nah disitulah kta membutuhkan modem kedua yaitu modem untuk akses point tadi pemirsa, dia (modem kedua) berfungsi menyambung koneksi dari modem induk.

Ketiga, Bagaimana memasang dan cara settingnya?


Siapkan dulu kabel LAN untuk menyambungkan modem induk dan modem kedua. Letakkan modem kedua di lokasi yang kira-kira menurutmu pas dna ada colokan blistrik buat idupin modemnya. Kalau kedua modem sudah terhubung dan modem baru sudah terhubung ke listrik dan menyala kedip-kedip manja saatnya kamu buka laptop atau komputer kamu.

Sambungkan konkesi Internet modem kedua dengan laptopmu dengan bantuan kabel LAN lain. Jika sudah connect, langsung akses http://192.168.0.1/ untuk mengakses pengaturan modem kedua kamu (Karena saya TP_LINK jadi saya bahas bagaimana pengaturan di TP-Link ya, tapi biasanya sama aja semuanya). Udah berhasil di akses http://192.168.0.1/ nya? Sekarang masukan Username : admin dan Password : admin. maka kamu akan langsung masuk ke dashboard dari modem TP-Link mu. 

  • Mengatur nama wifi baru di Modem baru kamu bisa langsung klik Network  - WAN - Pilih Dynamic IP lalu save! Next klik Wireless - Wireless Setting - Tulis Nama Wifi Sesuka Hatimuuu oooh sakitnya hati... benci nya hati padamuuuu... sakitnya hati ini... namun aku rinduuuu... 


Hmmm... maaf kelolosan nyanyi! 

Udah klik save sekarang!

Nama Wifi sudah. Selamat sekarang di rumah kamu punya dua wifi.. boleh banget dong asal jangan dua wife satu rumah kalau tidak mampu. Kalau mampu ya monggo! Apasih.

Back to topic!

  • Selanjutnya biar wifi kamu aman. Pakaikan password ya. Caranya.. Klik Wireless - Wireless Security - Pilih WPA-PSK/WPA2-PSK - isi PSK Password  dengan password yang kamu inginkan. Entah apa kepanjangan PSK disini yang jelas PSK yang ini tak akan membuatmu merasakan cinta yang salah. Beneran! Oke sekarang save!



Setting Wifi modem akses poin kamu sudah selesai. Sekarang silahkan tes. Liat Wifi yang available di laptopmu kalau sudah ada nama wifi yang kamu buat tadi langsung klik aja terus isi passwordnya. Konek gak internetnya? Kalau masih belum konek silahkan segera bayar tagihan internetmu secepatnya. Bisa lho bayar via Paytren. Atau kamu mau ikut Paytren sekalian? Sini saya daftarin.. add aja line saya : imajie_  kalau transaksi di Paytren itu ada cashbacknya lho.. transaksi juga sudah termasuk sedekah. Waah keren ya.

Astaga maaf malah jadi promosi. Ya sudah, selamat menikmati koneksi internet di wifi baru kamu. Semoga lancar terus koneksinya dna lancar juga usahanya. Aammiiin... See yaa!

Share:

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Tips Traveling Musim Hujan di Lombok

“There’s no such thing as bad weather, only unsuitable clothing” Indonesia memiliki dua musim yang kontras satu sama lainnya. Musim Huja...

Instagram @herjunotajie sini

Blog Archive